Cegah Makanan Berbahaya Beredar, Polsek Kejobong Lakukan Pemeriksaan

bhinnekansuantara.id – Purbalingga – Polsek Kejobong Polres Purbalingga Polda Jateng bersama Puskesmas Kejobong, pemerintahan kecamatan dan koramil melaksanakan pemeriksaan peredaran makanan dan minuman di pasar serta pertokoan wilayah Kecamatan Kejobong, Senin (20/5/2019).

Kapolsek Kejobong AKP Yanis Sri Purbono mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui peredaran makanan dan minuman yang diperjualbelikan selama bulan ramadhan. Tujuannya mencegah peredaran makanan berbahaya atau kadaluarsa.

“Selain itu, pemeriksaan dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen. Sehingga bisa mencegah peredaran makanan berbahaya agar tidak dikonsumsi masyarakat,” ucapnya.

Hasil pemeriksaan ditemukan sejumlah makanan dan obat-obatan yang sudah kadaluarsa di sejumlah toko. Terhadap temuan tersebut kita lakukan pendataan pemilik toko. Sedangkan untuk barang kadaluarsa diamankan untuk dimusnahkan.

Kepala Puskesmas Kejobong Istomo Puji menyampaikan bahwa pemeriksaan makanan dan minuman bersama tim gabungan dilaksanakan rutin selama bulan ramadhan. Karena aktivitas jual beli masyarakat yang meningkat, jadi kita lebih intens melakukan pencegahan peredaran makanan berbahaya.

“Selain ditemukan makanan yang kadaluarsa di sejumlah toko, kita juga lakukan pengambilan sampel bahan makanan yang diduga menggunakan bahan pewarna maupun zat berbahaya di sejumlah lapak pedagang di pasar,” ucapnya.

Disampaikan Istomo, sampel makanan yang kita ambil akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mengetahui kandungannya. Hasil pemeriksaan akan kita sampaikan kemudian. Harapannya tidak ditemukan makanan mengandung zat berbahaya yang dijual di pasar.

 

 

Sumber : Tribratanews

Editor : Kiss login by Polda Jateng