oleh

Cegah Penularan PMK, Warga Di Blora Jawa Tengah Diimbau Jaga Kebersihan Kandang Ternak

Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Blora Polda Jawa Tengah, menyambangi sejumlah peternakan sapi dan kambing yang ada di desa binaannya, mereka mengimbau para peternak untuk menjaga kebersihan kandang agar hewan ternaknya tidak mudah terkena wabah penyakit, Jumat, (13/05/2022).

Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH melalui Kasat Binmas AKP Sudarto mengatakan, jajaran Bhabinkamtibmas di seluruh Polsek Jajaran diberdayakan untuk menyampaikan imbauan kepada para peternak agar memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan lebih teliti.

Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi atau kambing yang saat ini sedang menjangkit di beberapa wilayah di Pulau Jawa,” kata Kasat Binmas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polsek Jajaran langsung bergerak. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kedungtuban Bripka Heri Catur yang menyambangi peternak sapi di wilayahnya. Meski tidak ada peternakan sapi dalam jumlah besar, namun di wilayah kecamatan Kedungtuban rata rata pekerjaan warganya adalah petani sehingga banyak yang memelihara hewan ternak seperti kambing dan sapi. “Kita imbau kepada warga, terutama para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang. Serta untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala,” kata Bripka Heri Catur.

Sementara itu di wilayah kecamatan Blora Kota, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman Bripka Achmad Nur Kholik,SH menyambangi warganya yang beternak kambing. Ia mengajak warga agar selalu menjaga kesehatan hewan ternak salah satunya dengan membersihkan kandang secara rutin dan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Dari pemantauan yang dilakukan jajaran Bhabinkamtibmas di wilayah kabupaten Blora belum ditemukan sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku sampai saat ini.

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” tandas Bhabinkamtibmas.

News Feed