Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Batang Bersama Forkopimda Melakukan Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi

bhinnekanusantara, Batang – Kapolres Batang AKBP Abdul Waras bersama Forkopimda Kabupaten Batang, Jawa Tengah melakukan  pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi.

Pencanangan  dilakukan di dua tempat yakni  Desa Lebo, Kecamatan gringsing dan Desa Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang.

“Kegiatan kampung tangguh Nusantara Candi sangat baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kita,” kata Kapolres Batang AKBP Abdul Waras  usai kunjungan kampung tangguh Nusantara Candi di Desa Kranggan, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Rabu (17/6/2020).

Kampung Tangguh lebih luas cakupannya bukan pencegahannya saja, tapi risiko lanjutannya  juga seperti mencakup ketahanan pangan. Dalam kondisi saat ini semua terkena dan terimbas, di semua daerah bahkan seperti Negara Amerika saja terkena.

“Mari bersama-sama masyarakat gotong royong dan peduli ketahanan yang harus kita jaga untuk daerah masing-masing. Tapi tetap jangan lupa tidak melupakan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, tidak berjabat tangan, dan sterilisasi wilayah dengan penyemprotan disinfektan,” jelas dia.

Dia juga berterima kasih untuk desa yang telah dicanangkan menjadi kampung tangguh Nusantara Candi, terlebih lagi desa-desa yang telah ditunjuk merupakan kategori desa yang berprestasi di Kabupaten Batang seperti Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah, Desa Lebo Kecamatan Gringsing dan Desa Kranggan, Kecamatan Tersono.

Sementara itu, Wakil Bupati Batang Suyono menambahkan, kampung yang akan dicanangkan Kapolres Batang harus menjaga kebersihan, karena masyarakat adalah yang harus utama untuk dijaga.

“Tentu ini kerjaan yang tidak mudah untuk kita apalagi kepala desa, karena itu tanggung jawab ini  kita jalani.” tandas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kranggan Arfiyanto Tri Saputro menyampaikan, sebelum  pencanangan kampung tangguh Nusantara Candi desa telah melakukan pendataan perantau, pendataan awal dan pencegahan dini Covid-19, mendistribusikan sembako bagi warga yang terdampak, mewajibkan seluruh warga pakai masker dan penyemprotan disinfektan.

(Humas Polres Batang)