Cegah Penyebaran Covid – 19 Saat Musim Sedekah Bumi, TNI Polri di Blora Aktif Melakukan Pemantauan

Polres Blora Polda Jawa Tengah – Sedekah Bumi atau Gas Deso (Bahasa Jawa) adalah salah satu kegiatan yang lazim di gelar di wilayah Kabupaten Blora Jawa Tengah. Sedekah Bumi merupakan salah satu kegiatan adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Kegiatan ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian maupun tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat.

Namun demikian kegiatan sedekah bumi tahun ini berbeda, karena dilaksanakan dalam masa pandemi covid – 19. Untuk antisipasi itulah Polres Blora Polda Jawa Tengah bersama Kodim 0721/Blora serta Pemerintah Kabupaten setempat melakukan pemantauan kegiatan sedekah bumi yang di khawatirkan bisa menimbulkan penularan covid – 19.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,S.I.K. mengungkapkan bahwa jajaran Polres Blora di 16 kecamatan aktif melakukan pemantauan tentunya bersinergi dengan TNI dan pemerintah setempat, “Bhabinkamtibmas bersama Babinsa terus memantau pelaksanaan prosesi sedekah bumi, dengan tujuan agar aman dari covid – 19,” kata Kapolres, Kamis, (09/07/2020).

Untuk diketahui sesuai dengan Instruksi Bupati Blora H.Djoko Nugroho ketika menerima audiensi dari para seniman Blora di Kantor Pemkab Blora, pada 29 Juni 2020 lalu dan di tuangkan dalam Surat Edaran Bupati No. 430/683 Tanggal 29 Juni 2020, bahwa mulai 01 Juli 2020, kegiatan masyarakat dalam skala kecil diperbolehkan, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Menindaklanjuti Surat Edaran Pak Bupati, untuk itulah kita terus bersinergi untuk melakukan pemantauan kegiatan masyarakat, jadi kegiatan tetap berjalan, namun aman dari covid – 19,” tandas Kapolres.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Tambahrejo Bripka Agus Wahyudi bersama dengan Babinsa Sertu Brotoseno melakukan pemantauan kegiatan sedekah bumi yang di gelar di dukuh Bangking kelurahan Tambahrejo.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa kompak melakukan pengawasan serta menyampaikan imbauan agar dalam pelaksanaan kegiatan sedekah bumi tetap menerapkan protokol kesehatan, “Kami ingatkan warga agar menggunakan masker, serta menyiapkan tempat cuci tangan di setiap rumah, dengan harapan tidak terjadi penularan covid – 19, namanya sedekah bumi, pasti banyak tamu berkunjung, untuk itulah kewaspadaan patut di tingkatkan,” beber Bhabinkamtibmas Tambahrejo.

Sementara itu Kasi Kesra Kelurahan Tambahrejo Bayu Dendro Aji,SE mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa, “Dengan adanya kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa kegiatan sedekah bumi tentunya berjalan lancar dan aman, aman dari gangguan kamtibmas serta aman dari covid – 19,” tutur Kasi Kesra.

Bukan hanya di kelurahan Tambahrejo Blora, kegiatan serupa dilakukan di 16 Polsek Jajaran dengan tujuan agar kegiatan sedekah bumi tidak menjadi penyebab penularan covid – 19.

(Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi