oleh

Dandim Banjarnegara Berikan Wasbang Kepada Mahasiswa Politeknik

Banjarnegara – Dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air, semangat patriotisme, nasionalisme Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, S.E., M.Si. Memberikan Wawasan kebangsaan dan nasionalisme dalam rangka Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) Politeknik Banjarnegara Tahun 2022. Di Pendopo Dipayudha Adigraha Kabupaten Banjarnegara. Senin (05/09/22).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim Banjarnegara menyempatkan memperkenalkan diri kemudian memberikan Wasbang kepada mahasiswa baru. “Tujuan utama Wawasan Kebangsaan adalah membangun karakter dan mengembangkan persatuan dan kesatuan pada Mahasiswa di kampus”, jelas Dandim.

Sebagai Generasi muda harus disiapkan dari sekarang, karena suatu saat nanti akan menjadi tulang punggung Negara terutama para mahasiswa. Notabene merupakan kaum intelektual calon-calon birokrat, teknokrat dan pemimpin Indonesia. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya disintegrasi, perlu nilai-nilai Wawasan. Sikap rela berkorban demi kepentingan Bangsa, kesederajatan dalam berperan, rasa kekeluargaan sesama anak Bangsa. Serta gotong royong guna mencapai kepentingan bersama.

Wawasan Kebangsaan jangan sampai memudar karena bisa menyebabkan beberapa dampak negatif yakni hilangnya jati diri dan karakter Bangsa, ancaman terjadinya disintegrasi Bangsa. Melemahnya daya saing dan daya tangkal Bangsa serta tidak terwujudnya tujuan, cita-cita Bangsa.

Cita cita bangsa indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Pada dasarnya setiap masyarakat sudah memiliki jiwa Nasionalisme masing-masing, karakternya berbeda beda dipengaruhi fenomena perubahan generasi. Mulai dari generasi baby boomer (lahir 1946-1960), generasi X (lahir 1961-1980), generasi Y (lahir 1981-1995) dan generasi Z/Alpha (lahir 1996 – sekarang).

Secara umum mereka memiliki beberapa ciri menonjol yaitu sangat tergantung dengan teknologi informatika. Kurang tertarik membaca secara konvensional, aktif bersosial-media serta lebih cepat dalam menerima informasi.

Generasi Z/Alpha tentunya harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari agar kelak benar-benar bisa memenuhi ekspektasi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dengan syarat memiliki kecerdasan yang komprehensif (produktif/inovatif), damai dalam interaksi sosialnya dan berkarakter kuat, sehat/menyehatkan dalam interaksi alamnya serta berperadaban unggul.

sumber : Pendimbna