oleh

Dekati Petani, Caleg Perindo di Banyumas Ikut Panen Padi

bhinnekanusantara.id – Caleg Partai Perindo memiliki cara tersendiri untuk mendekati masyarakat petani di Banyumas. Selain berdialog, dia turun ke sawah untuk membantu petani yang tengah memanen padi.

Dia bernama Heri Susanto yang tercatat sebagai Caleg DPRD Jateng Dapil 8 (Banyumas, Cilacap) nomor urut 01. Sebagai caleg milenial, Heri tak canggung untuk melepas sepatu agar bisa menyapa warga di tengah sawah.

Bapak satu anak ini sengaja datang ke Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Banyumas, yang warganya mayoritas sebagai petani. Sokawera dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen).

“Ini ikut petani panen, biar bisa merasakan apa yang warga lakukan untuk mencari nafkah. Ikut manggul dan ngepyok padi juga,” ujar Heri sembari melepas lelah setelah berulangkali nggepyok padi, Sabtu (9/3/2019).

Heri mengaku mendapat banyak masukan dari petani. Kebanyakan mengeluhkan tentang harga padi yang sering kali anjlok setiap memasuki musim panen. Mereka pun terpaksa menjual hasil panen dengan harga murah karena terbentur kebutuhsn keluarga.

“Petani ini sering mengeluhkan harga padi terlalu murah. Makanya kadang mereka tidak untung, habis untuk biaya operasional pupuk dan perawatan selama masa tanam. Setelah itu, uang hasil penjualan padi juga habis untuk kebutuhan sehari-hari, makan keluarga, biaya sekolah anak,” kata Heri.

Heri yang juga Sekretaris DPW Partai Perindo Jateng bertekad akan membawa aspirasi petani tersebut ketika terpilih sebagai wakil rakyat. Dia akan mengusulkan untuk memberikan mekanisne perlindungan harga padi agar tidak dipermainkan tengkulak.

 

 

Sumber : Sindo News

Editor : Aishwarya IMM Polda Jateng