Dengan Motor Dinas Modifikasi, Keliling Kampung Semprotkan Disinfektan

bhinnekanusantara.id – Cara unik dilakukan Bripka Bayu Arifiyanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sapuro Kebulen, Polsek Pekalongan Barat Polres Pekalongan Kota, dalam mengantisipasi penyebaran virus korona di wilayahnya.

Motor dinasnya dimodikisasi, dan digunakannya berkeliling menyemprotkan cairan disinfektan ke setiap perkampungan.

Dia rela merogoh kocek sendiri untuk menyulap motor dinasnya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

Secara teknis, motor dinasnya di bagian belakang dipasangi galon air bekas air mineral dan kemudian diisi dengan cairan disinfektan, untuk disemprotkan ke perkampungan binaannya.

Bukan hanya cairan disinfektan yang dia racik sendiri menggunakan campuran cairan pembersih, peralatan untuk menyemprotkannya pun ia rancang dan rakit sendiri.

Saat penyemprotan keliling perkampungan itu, dia bersinergi dengan petugas Bhabinsa dan Kader Siaga Trantib.

“Ide ini muncul spontan, karena banyak warga yang membutuhkan penyemprotan cairan disinfektan,” tutur Bripka Bayu Arifiyanto, di sela-sela melakukan penyemprotan, kemarin.

Barang Bekas

Dia menyebutkan, peralatan rakitan itu memanfaatkan barang-barang bekas dengan dana pribadi. Di antara peralatannya, besi yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa untuk mengangkut dua galon bekas air mineral dan satu toples.

Lalu selang yang salah satu ujungnya dipasangi alat semprot, kemudian ujung lainnya dimasukkan ke galon berisi cairan disinfektan. Peralatan berikut cairan disinfektan itu dibawa menggunakan motor dinas Bhabinkamtibmas.

Setelah siap, Bripka Bayu berkeliling ke perkampungan binaannya guna melayani warga dalam penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus korona.

”Lokasi mana saja yang mau disemprot, saya koordinasikan dengan Pak Lurah atau perangkat kelurahan serta warga yang membutuhkani,” tuturnya. Upaya Bripka Bayu Arifiyanto itu mendapat sambutan positif warga.

Moch Baedowi, warga, mengapresiasi kreativitas Bripka Bayu Arifiyanto. Dia berharap, kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi