Desa Putuskan Menerapkan One Gate System, Bhabinkamtibmas Pantau Prosesnya

 

Polres Demak News – Adanya penerapan one gate system memang tidak membuat virus itu hilang atau tidak bisa masuk namun pembawanya bisa bebas keluar masuk desa jika tidak dibatasi pergerakannya. Hal tersebut juga merupakan sebuah upaya pencegahan yang dilakukan oleh desa.

Penerapan one gate way sudah dilakukan masing masing pemerintahan desa wilayah kecamata demak guna mengantisipasi penyebaran virus corona dari orang luar kampung atau yang dibawa perantau.

Penyebaran covid 19 di wilayah Kabupaten Demak menjadi upaya masing masing desa untuk berperang melawannya. Sudah banyak desa yang sudah menerapkan satu jalan masuk kampung atau jalan desa dengan portal dan dijaga warga. Akses keluar masuk desa diperketat.

Selasa (12/05/20), giliran desa Kalikondang Kecamatan demak yang memutuskan untuk menerapkan one gate system di desa mereka. Selama proses penutupan jalan dan pemasangan portal Bripka Dedi selaku Bhabinkamtibmas Desa kalikondang memonitor kegiatan dan turut membantu prosesnya.

Upaya one gate system menjadi alternatif desa untuk melindungi warganya agar tak terpapar virus yang dibawa masyarakat dari luar. Ini juga sesuai arahan pemerintah agar warga menjaga jarak sosial (social distancing) untuk memutus tali pesebaran virus corona.

 

Sumber : Humas Polres Demak.

Editor : areeve, Polda Jateng, Polres Demak