Direktur Kriminal Umum Polda Jateng Digeser

bhinnekanusantara.id – Direktur Reserse Kriminal Umum alias Dirkrimum Polda Jateng Kombes Pol. Budi Haryanto dimutasi dari jabatannya. Ia selanjutnya menduduki posisi sebagai Direktur Kriminal Khusus alias Dirkrimsus di polda yang sama.

Budi Haryanto yang dimintai konfirmasi atas mutasi jabatan tersebut di Semarang, Jateng, Sabtu (6/6/2020), mengaku belum memperoleh langsung surat telegram Kapolri tentang mutasi jabatan para perwira tinggi dab menengah itu. Meski demikian, Budi mengaku siap jika memang ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Dirkrimsus Polda Jawa Tengah itu.

“Doakan saja semoga bisa amanah menjalankan amanah tersebut,” katanya.

Kasus Menonjol

Selama menjabat sebagai Dirkrimum Polda Jawa Tengah, Budi telah memimpin pengungkapan sejumlah kasus kriminal menonjol di Jateng. Beberapa kasus yang berhasil diungkap antara lain Raja Keraton Agung Sejagat di Purworejo, penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Semarang, serta tindak pidana perdagangan orang dengan korban ABK asal Jawa Tengah yang bekerja di kapal ikan berbendera Tiongkok.

Sementara itu, jabatan Dirkrimum yang ditinggalkan Budi akan dijabat oleh Kombes Pol. Wihastono Yoga Pranoto. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Dirkrimsus Polda Jawa Tengah.

Dalam surat telegram Kapolri No. ST/1603/VI/KEP/2020 juga terdapat sejumlah kapolres di wilayah Jawa Tengah yang ikut dimutasi dari jabatannya. Lima kapolres yang dimutasi tersebut masing-masing adalah Kapolres Kudus, Klaten, Banjarnegara, Grobogan, dan Pemalang. (dealova)