Dirpolairud Polda Jateng Datangi Dermaga Kartini Jepara, Cek Sapras Layanan Pemudik

bhinnekanusantara.id – Direktur Kepolisian Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Jateng Kombes Pol Risnanto meminta agar keselamatan penumpang kapal menjadi yang utama.

Hal itu dikatakan saat meninjau Dermaga Kartini Jepara, Rabu (15/5/2019).

Dalam tinjauan tersebut, dia memastikan kesiapan dermaga dan kapal penyeberangan dalam melayani pemudik pada Lebaran tahun ini.

“Kami ke sini untuk mengecek kesiapan pelabuhan penumpang pendukung di luar Pelabuhan Tanjung Emas,” kata Kombes Pol Risnanto setelah memeriksa alat keselamatan di dalam Kapal Express Bahari.

Dari informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kata Kombes Pol Risnanto, air pasang di perairan utara Pulau Jawa setinggi 1,2 meter.

Sedangkan di selatan Pulau Jawa setinggi 4 meter.

“Air pasang ini akan berlangsung hingga akhir Juni 2019. Setelah dicek, instansi kemaritiman terkait, di Jepara ini siap untuk menampung jumlah penumpang yang akan ke Karimunjawa dalam rangka perayaan Idulfitri maupun berwisata,” kata Kombes Pol Risnanto.

Pengecekan kesiapan dermaga juga akan dilakukan di beberapa tempat yang lain. Yaitu di Kabupaten Kendal dan Cilacap.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Deni Hendarko mengatakan, jelang Lebaran angkutan barang yang akan menyeberang ke Karimunjawa dibatasi.

Angkutan bahan pangan, mobil pribadi, dan penumpang akan diutamakan.

Angkutan barang dilarang menyeberang pada H-4 hingga H+4 Lebaran.

Sementara posko terpadu dalam menyambut Idulfitri akan mulai dioperasikan 21 Mei 2019.

Posko terpadu akan melayani pemudik dan wisatawan.

“Jika ada lonjakan penumpang, PT ASDP dan Express Bahari sudah dikondisikan Syahbandar untuk penambahan trip,” ujar Deni.

 

Sumber: Tribun Jateng

Editor : Kiss login by Polda Jateng

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.