oleh

Distribusi Surat Suara Jateng Masih Kurang 30 Persen

bhinnekanusantara.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah  mengakui masih banyak daerah yang belum mendapat distribusi surat suara calon legislatif. Masih ada sekitar 30 persen yang belum terdistribusi.

Namun demikian KPU mengaku optimis bakal menyelesaikan tepat waktu, distribusi logistik yang dilanjutkan penyortiran surat suara Pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat menanggapi kekhawatiran sejumlah pihak tentang belum meratanya distribusi surat suara di beberapa KPU daerah.

“Saat ini seluruhnya (distribusi surat suara) sudah sampai 70 persen.  Secara simultan dari percetakan langsung dikirim ke gudang masing – masing KPU Kabupaten / Kota di Jateng. Waktunya makin mepet tapi kita optimis tepat waktu,” kata Yulianto saat ditemui disela acara Lomba Seni KPU di kampus Univet Bantara Sukoharjo, Minggu (10/3/2019).

Yulianto meyakinkan, sebelum 17 Maret mendatang atau satu bulan sebelum hari H pencoblosan, seluruh logistik khususnya surat suara sudah terkirim 100 persen, dan selanjutnya segera dilakukan penyortiran, pelipatan dan pengepakan.

“Memang ini, dari lima jenis surat suara dikirim secara bertahap. Beberapa KPU Kabupaten / Kota masih ada yang belum menerima kiriman, seperti jenis surat suara DPRD Kabupaten/ Kota, dan juga jenis surat suara DPRD Provinsi. Sebagian memang belum terkirim,” sebut Yulianto.

Agar tak menggangu tahapan berikutnya, Yulianto mengaku, pihaknya  secara rutin terus berkoordinasi dengan KPU RI melalui biro logistik, ia meminta supaya pengiriman logistik khususnya surat suara tidak molor dari jadwal.

Sebelumnya Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda juga menyatakan siap menuju Jakarta, untuk mempertanyakan dan kalau perlu mengawal langsung pendistribusian surat suara.

 

 

Sumber : RMOL Jateng

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng