Dua Hari Terakhir, Karhutla Terjadi di Wilayah Aceh Tengah, Aceh Barat, dan Nagan Raya

bhinnekanusantara.id – Kebakaran hutan dan lahan gambut terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Aceh, selama 2 hari belakangan.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), adapun daerah yang masih mengalami kebakaran yakni Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Barat, dan Nagan Raya.

Di Kabupaten Aceh Tengah kebakaran lahan kering terjadi di kawasan semak belukar dengan luas lahan sekitar 3 hektar, Gampong Kelitu, Kecamatan Bintang. Kebakaran tersebut terjadi Jumat (8/3/2019), sekitar pukul 14.00 WIB.

Api yang ada di lereng perbukitan itu dapat dipadamkan setelah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah menurunkan 2 unit armada mobil pemadam kebakaran.

Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek mengatakan, kebakaran hutan dan lahan gambut juga terjadi di Kabupaten Aceh Barat tepatnya di Kecamatan Arongan Lambalek, Jumat (8/3/2019) sekitar pukul 22.30 WIB.

Saat ini tim BPBD Aceh Barat masih berupaya menuju lokasi kebakaran. Hingga Sabtu (9/3/2019) pagi, terkait luas lahan yang terbakar masih dilakukan pendataan.

“Untuk di Aceh Barat belum terhitung kisaran luasnya, dikarenakan akses ke lokasi sangat susah dan tim BPBD Aceh Barat masih berupaya untuk sampai ke lokasi,” kata Dadek, Sabtu (9/3/2019) siang.

Sementara itu, kebakaran lahan juga terjadi di wilayah Gampong Cot Mee, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya, Jumat (8/3/2019), sekitar pukul 11.00 WIB. Api masih belum bisa dipadamkan hingga saat ini, sedangkan tim BPBD Nagan Raya telah menurunkan 1 unit mobil pemadam kebakaran di lokasi kejadian, 2 unit mesin pompa air, serta 1 unit eskavator kecil.

Sulitnya mendapatkan sumber air serta akses ke titik api, menjadi kendala tim untuk melakukan pemadaman.

“Luas lahan yang terbakar sampai saat ini sudah mencapai lebih kurang 12,2 hektar,” ujarnya.

 

 

Sumber : Akurat

Editor : Aishwarya IMM Polda Jateng