Dubes Inggris Serahkan Hasil Digitalisasi 75 Naskah Kuno Keraton Yogyakarta dari British Library

Yogyakarta – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik menyerahkan langsung 75 naskah kuno dari British Library ke Keraton Yogyakarta dalam pembukaan pameran naskah Keraton Jogja, di depan Siti Hinggil, Keraton Yogyakarta, Kamis (7/3/2019) malam.

Naskah tersebut memiliki lebih dari 30 ribu foto digital. Penyerahan naskah digital ini adalah puncak dari kerja keras selama bertahun-tahun dalam melestarikan manuskrip Keraton Yogyakarta untuk generasi mendatang.

Naskah-naskah ini nantinya juga bisa diakses secara gratis tak terbatas di situs website Keraton Yogyakarta, Perpustakaan Yogyakarta dan juga Perpustakaan Nasional.

Malik mengaku senang bisa terlibat langsung dalam proses digitalisasi naskah ini.

Meski baru terlaksana 75 naskah yang berhasil didigitalisasi dari ribuan naskah yang dibawa oleh Inggris, Namun, ia berjanji akan mencari solusi untuk mengembalikan naskah lainnya yang belum didigitalisasi ke Keraton Yogyakarta.

“Insyaallah,  akan mencari solusi untuk mengembalikan atau mendigitalisasikan semuanya. Mungkin perlu waktu, tapi saya kira ini langkah yang sangat bagus,” kata Malik.

Malik menilai, kembalinya naskah Keraton Yogyakarta ini sangat baik, dimana telah banyak muncul penelitian-penelitian baru yang bersumber dari manuskrip tersebut untuk menggali kebudayaan Jawa.

“Ini salah satu simbol kerjasama antara Inggris dan Indonesia, karena tahu ini kami juga merayakan hubungan bilateral, hubungan diplomatik ke-70 antara Indonesia dan Inggris,” kata Malik.

 

 

Sumber : Akurat

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng