Gagal Masuk Akpol, 5 Calon Taruna Pilih Pendidikan Bintara

bhinnekanusantara.id – Lima calon taruna (catar) Akademi Kepolisian (Akpol) memilih mengikuti pendidikan Bintara Polisi. Mereka sebelumnya menjadi bagian dari 105 catar yang gagal hingga seleksi tahap akhir Akpol.

“Ada lima calon taruna (Akpol) yang mereka gagal di tingkat pusat dan berkeinginan masuk ke Bintara. Itu langsung mengikuti pendidikan (tanpa mengikuti seleksi BIntara),” kata Karo SDM Polda Jateng Kombes Pol Agoes Soejadi Soepraptono, Kamis (1/8/2019).

Dia menambahkan, dalam sidang penentuan kelulusan Calon Bintara (Caba) Polri di Gedung Merapi Ballroom – PRPP Semarang itu, terdapat 681 peserta yang dinyatakan lolos seleksi. Mereka selanjutnya akan mengikuti pendidikan Bintara Polisi selama tujuh bulan.

“Sekarang yang mengikuti pendidikan 681 peserta, ada yang perempuan (calon polwan) 19. Selanjutnya mereka akan dikirim ke SPN di Purwokerto atau dikirim ke Pusdik Binmas, termasuk ada yang akan kita kirim ke Pusdik Polair Jakarta,” terangnya.

Dia menjelaskan, sebelumnya terdapat 5.700 peserta yang mendaftar seleksi calon Bintara Polisi pada Tahun Anggaran 2019. Namun, banyak yang gagal setelah mengikuti serangkaian tahapan seleksi. Sementara bagi yang lolos seleksi, akan mengikuti pendidikan mulai 6 Agustus.

“Untuk seleksi, pertama pendaftaran, kemudian pemeriksaan administrasi tahap awal, pemerkisaan kesehatan pertama, kemudian psikologi, kemudian akademik, kemudian jasmani. Kemudian kesehatan tahap kedua, psikologi tahap kedua, kemudian rikmin (pemeriksaan administrasi) sampai dengan sampai pengumuman hari ini,” beber dia.

“Yang belum diterima moga-moga tahun depan diterima. Kasihan juga, mereka semua bagus-bagus sampai akhir hari ini. Cuma kalah di ranking, karena kuota terbatas, namanya juga kompetisi ada yang diterima ada yang tidak tapi rata-rata bagus,” tandasnya.

 

sumber : sindo

editor : saibumi @polda jateng #polres rembang