Gali Bakat Anak-anak Desa, Mahasiswa KKN Unnes Selenggarakan Gebyar Maulid Nyatnyono (GMN)

bhinnekanusantara.id – Tim KKN Alternatif tahap 2B Universitas Negeri Semarang (UNNES) Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang menyelenggarakan acara Gebyar Maulid Nyatnyono dan Pentas Seni Sayonara, pada Minggu (10/11/19).  Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Serba Guna Desa Nyatnyono, Gebyar Maulid Nyatnyono dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 12.00 WIB.

Perlombaan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan sebagai upaya untuk menggali bakat anak-anak desa Nyatnyono. Perlombaan diikuti oleh beberapa Madrasah Diniyah dan taman baca Al-Quran (TPQ) yang terdapat di Desa Nyatnyono. Adapun cabang lomba yang dilombakan yaitu Adzan, Murrotal, Puisi Islami dan Pidato. Dari lomba tersebut diambil tiga juara pada setiap cabang, berikut merupakan daftar para juara lomba:

Adzan

Juara 1: M. IhsanTriswansyah dari TPQ Roudlotul Abidin

Juara 2: Fatra dari MHM Ngaglik

Juara 3: Sunrisza Daffa Alfarizqi dari MHM Krajan

Murottal

Juara 1: Aisyah Putri Cantika dari TPQ Roudlotul Abidin

Juara 2: Sinta Nuryana dari MHM Ngaglik

Juara 3: Inayah Azmi Atifah dari TPQ Roudlotul Abidin

Puisi Islami

Juara 1: Inayah Azmi Atifah dari TPQ Roudlotul Abidin

Juara 2: Safanya dari Madrasah Diniyah Al Muhlisin

Juara 3: Lalufa Safina Ramadhani dari Madrasah Diniyah Al Muhlisin

Pidato

Juara 1: Aisyah Putri Cantika dari TPQ Roudlotul Abidin

Juara 2: Saifun Naja Himam dari Madrasah Diniyah Al Hidayah

Juara 3: M. Hakim Adibussoleh TPQ Roudlotul Abidin

Penyerahan piala dilaksanakan pada malam harinya dalam acara Pentas Seni Sayornara  yaitu mulai pukul 18.30 s.d 22.00 WIB sekaligus sebagai perpisahan tim KKN Alternatif tahap 2B UNNES 2019 dengan Desa Nyatnyono. Acara pentas seni sayornara  menampilkan beberapa kesenian desa dan tari oleh perwakilan KKN. Pada momen perpisahan ini tim KKN memberikan kenang-kenangan untuk Desa berupa mars desa dalam bentuk video lirik dan partiture lirik mars desa Nyatnyono, serta optimalisasi produk kopi yang diberi nama Kopi Wali.

Pemerintah desa menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap dapat menjadi kegiatan rutinan desa pada tiap tahunya.

“Kegiatan seperti ini merupakan hal positif, disaat warga sibuk dengan urusanya masing-masing kita digugah oleh mas-mas dan mbak-mbak KKN dengan kegiatan lomba untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal semacam ini baik untuk kita dapat menggali bakat anak-anak desa yang mana nantinya mereka lah calon penerus keberlangsungan desa agar selalu berkembang menuju arah yang lebih baik” ujar Bapak Sahudi selaku perwakilan pemerintah desa Nyatnyono.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi