oleh

Gempa Susulan Landa Tapanuli Buat Rumah Bergetar

bhinnekanusantara.id – Gempa bumi susulan kembali landa wilayah Tapanuli, khususnya Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga. Gempa tersebut cukup kuat hingga membuat rumah bergetar dan warga terasa hoyong dan mual.

Dalam rilis yang diterbitkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas III Ferdinan Lumbantobing (FL Tobing), Pinangsori, Tapteng, gempa bumi susulan tersebut terjadi pada pukul 23:34:29 WIB dengan kekuatan 5,8 Skala Richter (SR). Berada di 1.13 Lintang Utara (LU) dan 98.76 Bujur Timur (BT) di 63 Kilometer (Km) Barat Daya, Padangsidempuan pada kedalaman 85Km.

“Tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKG stasiun Meteorologi Klas III Ferdinan Lumbantobing (FL Tobing), Pinangsori, Tapteng, Ahmad Ubaedellah.

Kemunculan gempa bumi ini menjadi yang kedua dalam rentang waktu tiga jam lebih. Sebelumnya gempa bumi pertama berkekuatan 5.3 SR landa Kabupaten Aceh Singkil, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Senin malam (11/3) sekira pukul 20:26:24WIB. Gempa tersebut terasa hingga Tapanuli bagian Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kota Sibolga dan Nias, Sumatera Utara (Sumut).

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui apakah ada fasilitas umum milik negara dan rumah warga yang rusak atau tidak.

 

 

Sumber : Gatra

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng