Gijow Apresiasi Polri Tindak Tegas Perusuh

bhinnekanusantara.id – Ketua Gerakan Indonesia untuk Jokowi (Gijow), Ates mendukung langkah tegas Polri dalam menindak aksi-aksi yang menjurus pada tindak kekerasan, perusakan atau kerusuhan demi tegaknya hukum, dan rasa aman segenap warga. Karena pihaknya mensinyalir aksi-aksi mahasiswa maupun pihak-pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi mungkin masih berlanjut.

“Kami mendukung tindakan tegas yang dilakukan kepolisian untuk menjaga ketertiban dan mengantisipasi adanya penumpang gelap yang mempunyai agenda lain, serta ingin membuat kekacauan,” kata Ates dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, (7/10/2019).

Dalam kesempatan itu juga Gijow mengapapresiasi tindakan tegas yang dilakukan kepolisan terhadap perusuh yang menunggangi aksi demo mahasiswa menolak RUU KUHP dan revisi UU KPK beberapa waktu lalu. Selain itu Gijow juga mengucapkan bela sungkawa atas jatuhnya korban meninggal dan luka luka dalam aksi tersebut.

Menurut Ates, pihaknya juga tidak menampik adanya aksi kekerasan yang dilakukan oknum aparat di lapangan dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, Gijow menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kekerasan ini kepada internal kepolisian. “Jika mereka terbukti melanggar prosedur ya seyogianya diberikan sanksi sesuai aturan yang ada,” tambahnya.

Menurut Ates tidak mudah menanganani dan mengendalikan situasi mengingat aksi massa yang masif dengan skala yang besar di sejumlah kota.

“Menangani demonstrasi besar yang terjadi serentak di berbagai kota tentu tidak mudah. Harus dengan disiplin dan ketaatan pada komando agar tidak memicu kekacauan yang berkepenjangan, dan apa yang telah dilakukan segenap aparat kepolisian dalam menangani hal itu semata-mata agar tidak melebar menjadi aksi perusakan dan kerusuhan oleh para pembonceng yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

sumber: BeritaSatu.com
editor : saibumi @polda jateng #polres rembang