oleh

Hadang Pelaku Kejahatan, Razia Jalur Perbatasan

bhinnekanusantara.id – Aparat kepolisian terus meningkatkan patroli, tak hanya malam hari namun juga sore hari. Terutama, di jalur perbatasan yang menjadi pintu keluar masuknya kendaraan. Mencegah masuknya pelaku kejahatan ke wilayah Banyumas, Polsek Sumbang menggelar razia di jalur perbatasan akhir pekan lalu.

Semua anggota Polsek dipimpin langsung Kapolsek turun ke jalan. Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kapolsek Sumbang AKP Haryanto mengatakan, razia jalur perbatasan tersebut merupakan instruksi pimpinan. Instruksi tersebut langsung dilaksanakan sesuai petunjuk dan arahan.

“Kami sengaja menggelar razia di jalur perbatasan Banyumas-Purbalingga, sebagai upaya penyekatan,” ujarnya. Dalam razia tersebut, petugas menghentikan semua kendaraan yang masuk ke wilayah Banyumas. Tak hanya menghentikan, petugas juga melakukan pemeriksaan barang bawaan.

“Semua kendaraan diperiksa, utamanya mobil boks dan mobil pikap. Pemeriksaan tak hanya kelengkapan kendaraan saja, tapi juga barang bawaan,” jelasnya. Menurutnya, pemeriksaan barang bawaan dilakukan untuk mendeteksi larinya barang curian. Sebab, tidak menutup kemungkinan pelaku kejahatan membawa barang hasil kejahatan masuk ke wilayah Banyumas. “Barang yang diperiksa adalah barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, bahan peledak, miras, narkoba maupun barang mencurigakan lainnya,” tegas Susanto.

Dia menambahkan, razia perbatasan memang gencar dilakukan aparat kepolisian. Selain razia rutin di jam kecil, jam siang juga tak luput dari razia petugas kepolisian. “Hal itu dilakukan demi menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif, juga meminimalisir dan mencegah kerawanan atau potensi terjadinya tindak kejahatan,” imbuh Kapolsek.

 

 

Sumber :Radar Banyumas

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng