oleh

Heboh, Tanah Sawah Mengeluarkan Uap Panas

bhinnekanusantara.idWarga Purbalingga dihebohkan dengan munculnya uap panas di persawahan Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah. Tanah sawah itu merupakan kas desa Pemdes Kalimanah Kulon.

Kapolsek Kalimanah AKP Sulasman mengatakan, berdasar informasi saksi Sariman (65) dan Herman (37) keduanya warga Desa Sidakangen, tanah sawah yang mengeluarkan gelembung (seperti air mendidih) disertai asap terjadi sejak Selasa sore (12/03).

Namun sampai Rabu (13/3) masih ada sehingga memberitahu kepada perangkat Desa Sidakangen yang diteruskan ke Polsek Kalimanah.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata ada sebuah kawat listrik sebagai penyangga tiang listrik yang berada di sawah tersebut.

Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengimbau kepada warga agar jangan terlalu dekat dengan lokasi tersebut. Karena ada arus listrik di lokasi, apabila terkena air maka diduga menimbulkan buih seperti semburan gas,” ucap kapolsek.

Pihaknya juga menghubungi PLN untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan di lokasi tersebut ternyata ada aliran listrik yang dimungkinkan ada kaitannya dengan hubungan arus listrik milik pihak PLN.

Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas PLN Kalimanah ternyata benar dugaan awal bahwa tanah sawah yang mengeluarkan gelembung seperti air mendidih disertai keluarnya asap ternyata berasal dari tiang listrik yang mengalami konslet sehingga mengeluarkan panas yang menjalar ke kawat penyangga tiang yang ditanam di tanah sawah tersebut,” katanya.

Dia melanjutkan, penyebab konslet karena ada kabel listrik rusak/ terkelupas karena gesekan dengan pohon yang menempel di kabel listrik tersebut.

 

 

Sumber : RMOL Jateng

Editor : Gendhuk login by Polda Jateng