oleh

Hujan Angin Landa Kebumen, Pohon Tumbang Timpa Jaringan Listrik

bhinnekanusantara.id – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kebumen menyebabkan banyak pohon tumbang hingga mengenai jaringan PLN, Senin (11/3). Hal itu berdampak pada terputusnya jaringan listrik hingga sejumlah wilayah mengalami pemadaman.

Salah satunya  terjadi di Desa Sidoarjo, Kecamatan Sruweng. Hujan yang terjadi sejak siang hingga malam hari mengakibatkan pohon mahoni besar tumbang dan menimpa jaringan listrik PLN persisnya di depan rumah Puji Raharjo di Dukuh Banaran RT 05 RW 01 Desa Sidoarjo. Sehingga menyebabkan wilayah desa setempat mengalami pemadaman.

Kejadian itu dibenarkan oleh  Koordinator Pelayanan Handal (Yandal) PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen Goenoto. Pohon tumbang terjadi pukul 16.00, dan menimpa kabel listrik. Beruntung pohon tumbang tidak menimpa rumah.

Pasca menerima laporan dari masyarakat, PLN Rayon Kebumen langsung menerjunkan sejumlah petugas untuk menangani pohon tersebut.

“Petugas gabungan dari PLN, PMI dan BPBD dibantu anggota kepolisian sektor Sruweng, dengan menggunakan gergaji mesin langsung melakukan evakuasi pohon tumbang,” jelas Goenoto.

Goenoto menambahkan, atas kejadian itu  aliran listrik di wilayah Kecamatan Sruweng padam. “Distribusi listrik sempat terganggu selama enam jam, hingga akhirnya tepat pukul 21.30 WIB listrik kembali nyala,” tambah Goenoto.

Sebelumnya, PLN ULP Kebumen Minggu (10/3) juga “panen” pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik dan mengakibatkan padam di Kecamatan Karanganyar, Sruweng, Pejagoan, Padureso, dan Kecamatan Prembun.

Manager PLN ULP Kebumen, Teguh Suprabowo menyampaikan permohonan maaf karena akibat hujan dan angin banyak wilayah yang berdampak pada padamnya aliran listrik. Pihaknya mengimbau agar masyarakat bersedia dan berkenan jika ada petugas PLN yang hendak melakukan pemotongan pohon.

“Sebab pohon yang berada di dekat jaringan dapat mengganggu distribusi energi listrik,” tandasnya.

 

 

Sumber : Suara Merdeka

Editor : Meymey login by Polda Jateng