oleh

Hujan Deras Akibatkan Longsor, Timpa Satu Rumah di Gumelem Wetan Banjarnegara

BANJARNEGARA – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sore hingga malam hari mengakibatkan longsor di wilayah Kecamatan Susukan.

Berdasarkan data yang dihimpun banjarnegaraku.com dari Aparatur Pemerintah Desa Gumelem Wetan melalui Sekretaris Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, longsor terjadi pada Hari Minggu, 26 Juni 2022.

Arifin, Sekretaris Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, menyatakan, akibat curah hujan yang tinggi, menyebabkan tebing yang berada di pemukiman warga, tepatnya Desa Gumelem Wetan RT 05 RW 09 longsor.

“Longsor terjadi di daerah Beji, Gumelem Wetan, selepas waktu magrib” katanya.

Hal senada diungkapkan Rusmin, Kasi Pelayanan Pemerintah Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, mengatakan kronologis kejadian pada waktu itu sedang turun hujan, Hari Minggu, 26 Juni 2022 sekitar pukul 18.00 WIB.

Dikatakannya, tebing setinggi 15 meter longsor. Longsoran menimpa rumah warga, atas nama Buang Sanreja, Warga Desa Gumelem Wetan RT 05 RW 09, Kecamatan Susukan, Banjarnegara.

Pada saat kejadian, para penghuni rumah sedang berada di ruang tamu, tiba-tiba ada longsoran tebing. Beruntung, longsor tidak sampai menimbulkan korban, dan hanya menimpa bagian belakang rumah tersebut.

“Sebenarnya, rumah dihuni oleh tiga orang. Namun, pada saat kejadian ada anaknya yang berasal dari Desa Kedawung, Kecamatan Susukan datang, sehingga total ada tujuh orang di rumah tersebut,” urainya.

Akibat kejadian longsor mengakibatkan rumah rusak dan mengalami kerugian ditaksir kurang lebih tiga juta rupiah.

Selepas kejadian, warga setempat melakukan penanganan dengan peralatan seadanya untuk membersihkan material longsoran.

Meski tidak sampai diungsikan, pihaknya menghimbau agar tetap menjaga kewaspadaan sebab hujan masih kerap turun. Apalagi, warga yang berada di daerah yang topografi wilayahnya berada di pegunungan.