Jakarta – Hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia menunjukkan mayoritas masyarakat puas terhadap transportasi bus kota di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mayoritas masyarakat juga cenderung puas terhadap transportasi kapal di Indonesia.
“Secara umum, mayoritas (80,4%) pengguna bus kota menyatakan sangat puas atau cukup puas dengan bus kota. Penilaian paling tinggi terhadap bus kota diberikan pada aspek harga yang terjangkau (94.5%) dan membantu menyelesaikan urusan (93,1%). Sedangkan aspek yang masih harus ditingkatkan adalah ketepatan waktu (69,9%) dan jumlah armada (78%),” demikian kesimpulan hasil survei Indikator yang dirilis, Rabu (2/10/2024).
Survei dilakukan periode 30 Agustus-6 September 2024. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang dan tambahan sampel di wilayah Jabodetabek sebanyak 400.
Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Responden diwawancara secara tatap muka. Margin of error sekitar ±2,8% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Apresiasi publik terhadap transportasi di era Jokowi juga tercermin dalam tingkat kepuasan pengguna bus AKAP. Bus AKAP dinilai membantu warga menyelesaikan urusan mereka.
Berikut hasil survei kepuasan publik di 4 moda transportasi:
1. Bus Kota
Kepuasan: 80,4%
Rute sesuai: 84,0%
Jumlah armada banyak: 78,0
Tepat waktu: 69,9%
Pelayanan petugas baik: 89,4%
Sopir/kondektur baik: 81,6%
Nyaman: 86,1%
Aspek keamanan dan keselamatan: 85%
Harga terjangkau: 94,5%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 93,1%
Fasilitas pendukung: 80,4%
2. Bus AKAP
Kepuasan: 88,5%
Rute sesuai: 87,4%
Jumlah armada banyak: 81,1%
Tepat waktu: 75,4%
Pelayanan petugas baik: 89%
Sopir/kondektur baik: 85,9%
Nyaman: 89,9%
Aspek keamanan dan keselamatan: 86%
Harga terjangkau: 88,7%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 94,2%
Fasilitas pendukung: 88,9%
3. Kapal
Kepuasan: 87,8%
Rute sesuai: 88,4%
Jumlah armada banyak: 71,5%
Tepat waktu: 77,1%
Pelayanan petugas baik: 94,3%
Nakhoda/kondektur baik: 89,4%
Nyaman: 88,6%
Aspek keamanan dan keselamatan: 89,9%
Harga terjangkau: 83,9%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 95,1%
Fasilitas pendukung: 89,5%
4. Pesawat
Kepuasan: 95,8%
Rute sesuai: 92,0%
Jumlah armada banyak: 88,8%
Tepat waktu: 87,4%
Pelayanan petugas baik: 94,8%
Pilot/awak kabin: 98%
Nyaman: 94,9%
Aspek keamanan dan keselamatan: 96,2%
Harga terjangkau: 73%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 88,5%
Fasilitas pendukung: 97,7%. (*)
sumber : detiknews