Jakarta – Lembaga survei Indikator Politik memaparkan tingkat kepuasan publik terhadap transportasi MRT hingga LRT di pemerintahan Presiden Jokowi. Mayoritas masyarakat puas dengan transportasi umum kereta.

Survei dilakukan periode 30 Agustus-6 September 2024. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang dan tambahan sampel di wilayah Jabodetabek sebanyak 400. Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Responden diwawancara secara tatap muka.

Margin of error sekitar ±2.8% dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden ditanya soal kepuasan layanan transportasi umum MRT dan LRT.

“Mayoritas pengguna MRT menyatakan sangat atau cukup puas dengan MRT (94,9%). Kepuasan pada LRT tergolong tinggi, mayoritas pengguna menyatakan sangat atau cukup puas (97.4%)” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat paparkan hasil survei, Selasa (2/10/2024).

Berikut data surveinya:

MRT

Kepuasan: 94,9%
Rute sesuai: 79,5%
Jumlah armada banyak: 61,7%
Tepat waktu: 97,1%
Pelayanan petugas baik: 93,5%
Masinis/kondektur baik: 93,5%
Nyaman: 92,9%
Aspek keamanan dan keselamatan: 91,7%
Harga terjangkau: 90,5%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 96,9%
Fasilitas pendukung: 84,3%

LRT

Kepuasan: 97,4%
Rute sesuai: 90,1%
Jumlah armada banyak: 74,4%
Tepat waktu: 93,9%
Pelayanan petugas baik: 96,2%
Masinis/kondektur baik: 97%
Nyaman: 96,1%
Aspek keamanan dan keselamatan: 80,6%
Harga terjangkau: 94,8%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 100%
Fasilitas pendukung: 100%

Kereta Api

Kepuasan: 90,9%
Rute sesuai: 95,9%
Jumlah armada banyak: 83,9%
Tepat waktu: 93,9%
Pelayanan petugas baik: 94,7%
Masinis/kondektur baik: 91,4%
Nyaman: 93,2%
Aspek keamanan dan keselamatan: 92,3%
Harga terjangkau: 88,9%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 96,2%
Fasilitas pendukung: 96,3%

KRL Commuter Line

Kepuasan: 94,7%
Rute sesuai: 91,5%
Jumlah armada banyak: 88%
Tepat waktu: 93,1%
Pelayanan petugas baik: 90,4%
Masinis/kondektur baik: 92,8%
Nyaman: 89,1%
Aspek keamanan dan keselamatan: 90.6%
Harga terjangkau: 99,4%
Membantu menyelesaikan urusan/kebutuhan: 99,3%
Fasilitas pendukung: 98,1%. (*)

sumber : detiknews