Instansi, Kelompok Masyarakat dan Parpol di Klaten Cegah Covid-19 Secara Masif

bhinnekanusantara.id – Sosialisasi yang dilakukan Bupati Klaten Sri Mulyani dan jajaran Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian (PP) Covid-19 Klaten menjalar secara masif ke sejumlah kalangan dan kelompok masyarakat di Kabupaten Klaten.

Diawali dengan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum yang dipimpin Bupati Klaten Sri Mulyani hingga edukasi melalui radio, kini upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan secara masal, mulai dari perkantoran, tempat ibadah hingga kawasan wisata.

Dinas Kesehatan dibantu TNI dan Polri dipimpin langsung Sekretaris Daerah Klaten Jaka Sawaldi menyemprotan cairan pembunuh kuman dan virus di Terminal Ir Soekarno mulai dari tempat duduk tunggu penumpang, loket karcis sampai tempat ibadah.

“Penyemprotan ini sifat berkelanjutan. Sebelumnya juga sudah dilakukan penyemprotan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hari ini Terminal Ir. Soekarno lalu bergeser ke Polres dan Pengadilan Klaten,” jelas Jaka Sawaldi.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di kantor PDAM Tirta Merapi dan seluruh kantor cabangnya.

Direktur PDAM Klaten Irawan Margono mengatakan, selain penyemprotan disinfektan, PDAM Klaten juga telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pelanggan PDAM Klaten untuk pembayaran tagihan bisa dilakukan secara online seperti paymen point online bank (PPOB),ATM, M-Banking, SMS Bangking.

“Pembayaran tagihan juga bisa dilakuan disejumlah otlet atau apliaksi seperti Tokopedia, Indomart, Alfamart, Kantor Pos, BNI, Bank Jateng, BRI, BTN dan BSM”, kata Irawan Margono.

Di obyek wisata rowo Jombor, penyemprotan disinfektan dilakukan jajaran Muspika bersama Polsek Bayat, penyemprotan menyasar diseluruh warung apung yang berada dikawasan wisata tersebut.

“Di daerah wisata ini tentunya banyak pengunjung baik dari lokal maupun luar daerah, penyemprotan disinfektan dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus corona di area publik terutama yang diperkirakan rawan, salah satunya di Rowo Jombor,” kata Kapolsek Bayat, AKP Suharto.

Dari kalangan parpol, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Klaten juga ikut bergerak dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Klaten dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah tempat fasilitas umum.

Di daerah pemilihan IV, Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Mujaeroni didampingi sekretaris, Haryanto dan sejumlah pengurus partai melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ibadah.

“Untuk daerah pemilihan IV ini kami menyasar sejumlah tempat ibadah di Kecamatan Delanggu, karena tempat ini merupakan tempat berkumpul para jamaah sehingga harus disterilkan dari virus ganas,” kata Sekretaris DPC Gerindra Klaten, Haryanto.

Tak mau lingkungannya terjangkit virus korona, sejumlah Desa di Kabupaten Klaten mulai melakukan peyemprotan cairan disinfektan baik di rumah-rumah warga dan fasilitas publik. Gerakan kebersihan ini sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1441 Hijriyah.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi