oleh

Irjen Ahmad Luthfi Banggakan Karakter Polwan : Terkenal Anti Pungli dan Suap

SEMARANG – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan rasa bangganya pada para Polwan Polda Jateng. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Tasyakuran HUT Polwan ke-74 di Gedung Borobudur, Mapolda Jateng pada Jumat, (8/9) siang.

“Minimnya jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh Polwan Polda Jateng menunjukkan suatu karakter berbeda dengan polwan lainnya,” ungkap Kapolda.

Dia menyebut, berdasar data Propam Polda Jateng, sangat minim adanya Polwan yang menyimpang dalam pelaksanaan tugasnya.

Hal tersebut menunjukkan karakter Polwan yang sangat dedikatif dan lurus dalam pelaksanaan tugas.

“Mereka yang dilapangan tidak bisa ditawar menawar, diajak pungli, itu adalah karakter Polwan,” lanjutnya.

Namun sebagai seorang wanita, Polwan juga mempunyai segi feminin yang harus selalu dijaga. Karena usai pelaksaan tugas dan pulang ke rumah, saat itulah mereka kembali menjalani kodrat sebagai wanita untuk menjaga kehormatan diri dan keluarganya.

“Saat Anda (polwan) pulang, ada tugas yang menanti. Mendidik anak, memperhatikan suami, memasak dan tugas rumah tangga lainnya. Ini tidak dimiliki oleh petugas (polri) laki-laki,” tutur Kapolda.

Menurut Kapolda, pemenuhan tugas sebagai ibu rumah tangga tersebut menunjukkan keberhasilan Polwan dalam menjalankan kewajibannya secara seimbang.

Dia berharap polwan terus mengembangkan karakteristik positif dalam bertugas dan memberikan nilai-nilai keteladanan pada masyarakat.

“Saya juga berharap Polwan lebih banyak yang bertugas di lapangan dan menempati jabatan strategis, ada yang jadi Kapolsek termasuk juga Kapolres,” pungkasnya.