Isolasi Wilayah, Pemkot Siapkan 4 Akses Keluar Masuk

bhinnekanusantara.id – Pemkot Tegal Senin (30/3/2020) mulai memberlakukan isolasi wilayah dengan menutup puluhan akses jalan masuk dalam dan keluar kota. Namun demikian, sedikitnya ada 4 akses jalan yang bisa dilalui meski harus melalui pemeriksaan petugas.

Sekda Kota Tegal Johardi mengungkapkan, akses masuk utama berada di Jalan Proklamasi, tepatnya di perempatan Kantor Dinas Kesehatan Kota Tegal. Selanjutnya di Jalan Jendral Sudirman  sebelah Hotel Pramesti, Jalan Sultan Agung atau di perempatan RSUD Kardinah, dan Jalan Perintis Kemerdekaan yang dikhususkan untuk sepeda motor.

Selain akses utama yang dijaga petugas medis dan keamanan, ketiga akses pintu masuk lainnya bersifat buka-tutup. “Tiga jalan itu sifatnya buka tutup, sebagian pakai water barrier,” kata Johardi, Minggu (29/3/2020) malam.

Johardi mengatakan, akses utama dapat dilalui warga yang akan masuk ke Kota Tegal yang memiliki kepentingan mendesak, seperti bekerja, berdagang atau berbelanja kebutuhan pangan.  Termasuk menjadi akses utama untuk kendaraan logistik dan BBM. Untuk logistik dan BBM, bisa masuk melalui tiga pintu masuk alternatif. Sehingga tak perlu memutar ke akses utama.

Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Bakti Kautsar mengatakan, sebelumya pihaknya mengusulkan sedikitnya ada  4 akses masuk. Hal itu hasil analisa dampak lalu lintas terkait penutupan akses jalan. “Rekomendasi dari Polres untuk isolasi wilayah. Mendasari surat dari Pak Sekda,” kata Bakti.

Hal yang menjadi pertimbangan adalah kemungkinan terjadinya penumpukan antrian kendaraan pada akses jalur masuk/keluar Kota Tegal. Akses penumpang dari dan menuju stasiun kereta api yang berpotensi keterlambatan para penumpang.

Kemudian akses distribusi BBM Depo Pertamina, aktivitas perekonornian masyarakat ke pasar, perbankan, mobilitas tenaga kerja dan lainnya. Serta mempetimbangkan akses menuju rumah sakit, obyek vital, instansi pemerintahan dan sekolah.

Sebelumnya, Pemkot Tegal hanya akan membuka satu jalur utama di Jalan Proklamasi, dan menutup 49 akses jalan dalam dan menuju luar kota. Sementara jalan nasional dan provinsi tetap dibuka.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi