oleh

Jadi Langganan Banjir Rob, Jalur Utama Demak-Bonang Nyaris Putus

Demak – Kondisi jalan utama Demak-Bonang, di Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, sangat memprihatinkan. Jalur tersebut sering diterjang banjir rob, hingga kondisinya nyaris putus akibat abrasi.

Sejumlah titik selalu tergenang air banjir rob, hingga mencapai ketinggian 50 cm. Akibatnya, jalan tersebut hanya bisa dilintasi kendaraan roda tiga ke atas.

Sementara kendaraan roda dua, dipastikan akan mogok saat melintasinya. Selain mengakibatkan mesin motor mati, jalan yang tergenang banjir rob juga sering membuat pemotor terjatuh akibat kondisi jalan yang licin. Hal ini membuat para pemotor enggan melintasi jalan utama, dan memilih jalan kampung.

Salah seorang pengemudi becak motor, Khoiron Nasirin mengungkapkan, kondisi jalan yang tergenang banjir rob memang sangat licin, sehingga menyulitkan untuk dilintasi.

“Sering ada yang nekat melintas, akhirnya terjatuh dan mesinnya mati,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Eko Bekti. Untuk menghindari genangan banjir rob yang cukup dalam, dia harus memutar melintasi jalan perkampungan.

“Demi mengakses jalan kampung, kami harus membayar biaya Rp2.000 untuk perahu penyebrangan, selanjutnya bisa melintas jalan kampung yang sudah tergenang banjir rob,” tuturnya.