oleh

Jaga Kelestarian Alam dan Ekosistem Aquatik, 70.000 Benih Ikan Ditebar di Telaga Bedakah

bhinnekanusantara.id – Sebanyak 70.000 benih ikan bantuan dari Dinas Perikanan Propinsi Jateng ditebar di Telaga Bedakah di desa Tlogomulyo kecamatan Kertek kabupaten Wonosobo. Tampak hadir dalam acara ini Bupati Wonosobo, anggota Komisi B DPRD Propinsi Jateng, Kodim, Polres dan perangkat desa desa Tlogomulyo.

Pada penebaran benih ikan tersebut Bupati Wonosobo mengungkapkan perlunya perhatian dari semua pihak terhadap kondisi sungai dan telaga yang ada di wilayah ini.

“Masih dijumpainya tumpukan sampah, limbah rumah tangga dan ekosisten aquatik yang rusak, adanya pendangkalan dan penyenpitan sungai yang diakibatkan adanya perilaku buruk masyarakat.” Kata Eko Purnomo, Rabu (13/3).

Disebutkan hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat sosial budaya dan perilaku masyarakat yang tidak mendukung kebersihan lingkungan.

“Bila terus dibiarkan akan mempengaruhi kualitas air dan badan sungai.” Tambah Bupati.

Keterlibatan dari masyarakat, swasta dan pemerintah dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sangat diperlukan. Pemerintah berperan dalam mengeluarkan kebijakan yang pro lingkungan, pihak swasta harus menyadari akan pentingnya pemanfaatan SDA yang berkelanjutan. Sedangkan masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan hidup.

“Aksi tersebut diantaranya membuang sampah di tempatnya, menanam dan memelihara pohon serta penggunaan energi secara bijak.” Jelas Eko.

Bupati juga berharap dukungan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program konservasi lingkungan hidup guna mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat serta ramah lingkungan.

“Bentuk kepedulian tersebut wujudnya dengan adanya bank sampah.” Pungkas Bupati.

Sementara Dr. H. Fery Firmawan, ST.MT anggota komisi B DPRD Propinsi Jateng berharap benih ikan yang ditebar memberi manfaat bagi masyarakat khususnya ekosistem aquatik dan kelestarian lingkungan hidup di telaga ini.

“Kita berharap dengan kegiatan ini akan berdampak positif bagi masyatakat, ekosistem aquatik dan lingkungan hidup.” Ujar Ferry.

Sedangkan Kades Tlogomulyo mengucapkan terima kasih ke semua pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan tebar benih ikan ini.

“Semoga Telaga Bedakah ini akan menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat.” Tuur Sukardi Suharyo.

 

 

Sumber : Berita Lima

Editor : Gendhuk login by Polda Jateng