Jangan Menggeneralisir Kasus IPB dengan Citra Kampus

bhinnekanusantara.id – Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyayangkan adanya tuduhan subyektif dan tendensius terhadap citra kampus Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Ya begini, kalau ada kesalahan sedikit dari kampus IPB harus diakui. Namun jangan langsung dituduh macam-macam sampai mendalam, terus lupa andil positifnya secara besar,” kata Zuhro, dalam keterangnnya, Selasa (12/11).

Zuhro mengatakan, bukan hanya IPB yang pernah memiliki kesalahan akibat ulah oknum dosen atau mahasiswanya. Di perguruan tinggi lain pun berpotensi melakukan hal yang sama.

Kendati demikian, Zuhro mengungkapkan, perbuatan perorangan tidak bisa dianggap sebagai keseluruhan citra kampus. Apalagi IPB merupakan perguruan tinggi bertaraf internasional.

“Sebagai perguruan tinggi kelas internasional, pasti menjamin mutu pendidikannya, kualitas alumninya, pola kuliahnya, selalu terjaga. Mustahil yang bagus ingin dirusak,” ucap Zuhro.

Zuhro mengungkapkan, IPB telah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional yang hebat dan sumbangan pemikiran cemerlang untuk Indonesia. Di situ mengartikan bahwa IPB terus berada di lajur on the track.

Oleh sebab itu, Zuhro mengimbau, agar seluruh kalangan masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang diembuskan berkaitan dengan nama baik IPB. Apalagi yang sifatnya masih samar-samar.

 

sumber : mediaindonesia

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi