oleh

Jokowi Tinjau Pembangunan Terowongan Nanjung

bhinnekanusantara.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Terowongan Nanjung di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (10/3/2019). Terowongan tersebut merupakan bagian dari solusi mengatasi permasalahan banjir tahunan yang kerap terjadi di wilayah Bandung Selatan.

“Terowongannya sudah rencana yang sangat lama, 15 tahun yang lalu, ini sudah lama dikaji. Ini kita sekarang dalam proses kita kerjakan,” kata Jokowi kepada wartawan.

Dengan adanya dua terowongan sepanjang 230 meter, maka diharapkan dapat memperlancar aliran Sungai Citarum di Curug Jompong. Selain itu juga, mengurangi lama dan luas genangan yang selalu terjadi pada saat musim hujan di Kecamatan Dayeuh Kolot dan sekitarnya.

“Terowongan Nanjung ini sepanjang 230 meter, dua terowongan. Kita harapkan ini dapat mengatasi banjir yang ada di Bandung, ini bisa terkurangi banyak sekali dengan adanya terowongan ini,” ujar Jokowi.

Dua terowongan direncanakan rampung pada akhir 2019. “Ini yang satu sudah rampung, yang satu separuh lebih. Tahun ini rampung lah, akhir tahun ini insyaallah sudah rampung, selesai. Sehingga nanti musim hujan berikut sudah keliatan fungsi dari terowongan ini,” ucap Jokowi.

Ditanyakan mengenai kesulitan pembangunan hingga 15 tahun belum rampung, Jokowi mengungkap, Kabupaten Bandung memiliki kemampuan untuk membangun. “Enggak punya kemampuan untuk mengerjakan, baik di kabupaten maupun di provinsi. Kalau enggak  diambil alih pusat, ya enggak mungkin ini akan bisa dilaksanakan,” ucap Jokowi.

Jokowi tiba di Bandar Udara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jabar, pada pukul 08.05 WIB. Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyambut kedatangan Jokowi.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Aishwarya IMM Polda Jateng