Jumat Barokah, Yanma Polda Jateng Berbagi

bhinnekanusantara.id – Berbuat baik dan berbagai kepada sesama bisa dilakukan dengan cara apapun serta tidak harus dimulai dari skala yang besar. Banyak cara untuk melakukan tindakan sosial tersebut salah satunya yang dilakukan oleh anggota Yanma (Pelayanan Masyarakat) Polda Jateng.

Mereka dengan sukarela patungan untuk membuat nasi bungkus dan kemudian dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan. Ada sekitar 350 bungkus nasi yang dibagikan dalam kegiatan yang bertajuk Jumat Barokah, Yanma Berbagi, Jumat (10/1) sekitar pukul 06.00.

Dengan menggunakan mobil dan sepeda motor mereka berkeliling untuk membagikan nasi bungkus tersebut di berbagai lokasi di Semarang diantaranya di kawasan Kota Lama dan Stasiun Poncol.

“Ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat. Ratusan nasi bungkus itu kami bagikan kepada para juru parkir, pengayuh becak, petugas penyapu jalan, pengemudi ojek online dan lainnya,” ungkap Pelaksana Lapangan Kompol Agus Riyanto.

Pembagian nasi bungkus tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat yang menerimanya. Adapun, lanjut dia, kegiatan tersebut untuk terus mendekatkan hubungan polisi dengan masyakarat. Supaya kesan menakutkan yang melekat pada polisi lambat laun akan sirna.

“Masyarakat supaya tahu kalau polisi itu juga bagian dari masyarakat. Kegiatan ini juga untuk meberikan pesan kalau polisi tidak hanya pengurus Kamtibmas dan pelayanan, tapi juga berbagi dengan sesama. Hal tersebut sesuai dengan undang-undang nomor 2 Tahun 2002 Pasal 13,” jelasnya.

Agus menambahkan, kegiatan yang kali pertama dilakukan tersebut, tidak hanya kan berhenti sampai di situ saja. Namun akan berkelanjutan dan menjadi agenda rutin.

“Ini akan menjadi agenda rutin kami. Rencana dua pekan sekali dan pada hari Jumat akan dilakukan,” ungkapnya.

Adapun, lanjut dia, pihaknya membuka bagi siapa saja yang ingi berdonasi nasi bungkus. “Siapa saja yang mau berdonasi kami persilahkan, nanti akan kami salurkan. Semakin banyak nasi yang dibagikan masyarakat yang menbutuhkan semakin bisa kita jangkau,” ujarnya. saibumi

 

sumber : SM