oleh

Kabar Baik untuk PNS, Jokowi Naikkan Gaji Hingga Percepat Gaji 13 dan 14

bhinnekanusantara.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) akan menaikkan gaji para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2019. Peraturan mengenai kenaikan gaji PNS akan segera selesai.

Presiden Jokowi menyebut bahwa kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 5 persen di 2019 akan dicairkan pada April mendatang. “Tadi ada yang menanyakan, PNS gajinya naik kapan? Peraturan Pemerintahnya baru disiapkan. Saya kira Maret selesai, sehingga awal April bisa diberikan kenaikan itu,” jelasnya saat peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (8/3).

Kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen ini juga akan turut berpengaruh terhadap gaji ke-13 dan upah Tunjangan Hari Raya (THR). “Dirapel plus gaji juga ada gaji ke-13 ke-14. Tapi (pemberiannya) di bulan berikutnya, menjelang Lebaran,” sambung dia.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30/2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS, gaji pokok abdi negara berada kini pada kisaran Rp 1.486.000 sampai dengan Rp 5.620.000.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alasan gaji PNS naik tahun ini karena selama dua tahun terakhir, gaji PNS tidak mengalami kenaikan. Akhirnya, pada tahun 2019 pemerintah memutuskan untuk menaikkannya.

“Karena kemarin enggak naik makanya tahun depan (2019) naik. Artinya sudah dilihat dengan inflasi. PNS selama ini dapat dari tunjangan kinerja (tukin). Sebetulnya ini untuk adjusment yang tahun ini sudah tertahan,” ujar dia di JCC,Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Sementara untuk tukin, Sri Mulyani menyatakan besaran yang akan diterima antara PNS pusat dan daerah akan berbeda. Hal tersebut sesuai dengan kemampuan dari daerah masing-masing.

“Artinya termasuk tukin untuk kementerian lembaga pusat. Untuk daerah termasuk tukin sesuai kemampuan daerah, artinya tukin mereka tidak sama dengan kementerian lembaga,” kata dia.

 

 

Sumber : Merdeka.com

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng