Kapolda Jateng Kutip Hadis untuk Serukan Pemilu Damai 2019

Pemalang – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono menyentil merebaknya fenomena pertikaian antarmuslim yang terjadi akhir-akhir ini. Hal tersebut digaungkan dalam rangka rangka mengampanyekan Pemilu Damai 2019. Ia dengan menyitir sebuah hadis Nabi Muhammad tentang memusuhi sesama muslim dan memusuhi nonmuslim padahal sudah hidup berdampingan dengan muslim, maka sama saja dengan memusuhi nabi.

Sentilan tersebut diungkapkannya dalam sambutan Kapolda yang dibacakan oleh Kapolres Pemalang, AKBP Kristanto Yoga Darmawan saat peringatan haul KH Syahmari Syarif di Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin, Desa Karangtengah, Pemalang, Selasa (5/3). Kapolda mengajak jamaah untuk meneladani sifat-sifat KH Syahmari Syarif dan melanjutkan estafet perjuangan dakwahnya.

“Banyak hal yang dapat kita lakukan bila meneladani sifat beliau, khususnya dalam menyikapi perkembangan situasi akhir-akhir ini yaitu sering terjadinya pertikaian antara umat saudara sesama Islam,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Rabu (6/3).

Menurut Condro, Islam tidak pernah mengajarkan perpecahan, saling memusuhi sesama golongan maupun antarumat beragama. Islam adalah agama yang mengajarkan untuk cinta kepada tanah air, cinta kedamaian, toleransi, cinta kepada ketertiban dan keamanan.

Umat muslim juga perlu memanfaatkan haul KH Syahmari Syarif ini sebagai salah satu momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah bashariyah (persaudaraan atas dasar kesamaan bangsa) dan ukhuwah wathoniyah (persaudaraan antarsesama warga tanah air).

“Sebagai implementasi dari kuatnya ukhuwah tersebut, maka saya mengajak kepada seluruh hadirin sekalian untuk senantiasa menjaga iklim kondusif guna terjaganya stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polda Jawa Tengah,” Kapolda mengingatkan.

Condro menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para alim ulama yang selama ini telah turut membantu Polda Jawa Tengah dalam menciptakan situasi yang kondusif.

“Saya berharap semoga para alim ulama juga dapat terus berkontribusi dan memberikan dukungannya dalam menciptakan situasi pemilu yang aman, damai dan sejuk,” ujarnya.

 

 

Sumber : Gatra

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng