Kapolda Jateng : Polisi Harus Tertib Sebelum Amankan Masyarakat

bhinnekanusantara.id –  Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan jajaran berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Semarang, Senin (29/6/2020). Ziarah ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli.

Ziarah Hari Bhayangkara kali ini berbeda dengan ziarah tahun-tahun sebelumnya. Peserta ziarah kubur ditengah pandemi dibatasi, anggota polri menerapkan phyisical distancing saat upacara berlangsung.

Sementara sebelum kegiatan ziarah, Kapolda tidak luput dari pemeriksaan suhu tubuh dilanjutkan dengan upacara singkat. Kemudian menaburkan bunga ke makam mantan petinggi Polri dan TNI yang sudah almarhum seperti Brigjen Pol (Purn) Rustam Santiko, eks Kapolda Jateng, Mayjen Pol (Purn) Soemantri Sakimi hingga Mantan Pangdam VII/ Diponegoro Mayjen TNI (Purn) Soekotjo.

“Polda Jawa Tengah dengan Akpol, Wagub Akpol dan Wakapolda serta pejabat utama Polda Jateng melakukan tabur bunga pada para pahlawan khususnya pahlawan Jenderal Polri dan keluarganya,” ujar Kapolda usai melakukan ziarah.

Kapolda berpesan agar dalam memaknai HUT Bhayangkara di tengah pandemi tahun ini, anggota polisi harus tertib terlebih dahulu sebelum mengamankan masyarakat.

“Anggota Polri sebelum menjadi pelopor dalam menertibkan protokol kesehatan harus tertib dulu, kita sudah wanti wanti dari mulai jajaran Polda sampai pospol terdepan, contoh tidak ada anggota polri yang tidak menggunakan masker, tidak ada anggota polri yang tidak mematuhi protokol kesehatan, termasuk ditempat pelayanan kita sudah menerapkan protap tersebut,” tegasnya.

Seusai ziarah di TMP Giri Tunggal, Kapolda beserta rombongan melanjutkan anjangsana ke KomjenPol (Purn) Noer Ali di Tembalang Semarang. (dealova)