Kapolda Jawa Tengah Cek Jalur Mudik Semarang-Batang, Tersedia 4 Rest Area

bhinnekanusantara.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri berbagai pihak mengkaji ruas-ruas jalan yang menjadi jalur mudik, terutama jalan tol. Kapolda Jateng Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. bersama Pejabat Utama meninjau langsung kesiapan arus mudik di ruas Jalan Tol Batang-Semarang.

Kapolda dan rombongan tiba di rest area 389B Desa Wungurejo, Kecamatan Ringinarum, Kendal pada Minggu (12/5). Sesampainya di rest area. Dalam kegiatan tersebut, Kapolda memastikan fasilitas rest area yang tidak kalah penting dapat segera selesai. Sehingga rest area siap dioperasionalkan pada 26 Mei 2019 atau H-10.

Tidak hanya itu, Kapolda juga langsung mengecek bangunan serta lahan parkir kendaraan yang ada. Karena kapasitas lahan parkir harus memadai dan sebanding dengan jumlah kendaraan umum yang sekiranya akan beristirahat di area tersebut.

Rycko menjelaskan bahwa untuk rest area tipe A nantinya dapat menampung 300 kendaraan. Nah, rest area tipe A ini memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti isi ulang kartu tol, toilet, warung, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana parkir, bahkan klinik kesehatan, bengkel, dan SPBU.

“Ada empat rest area di ruas Tol Batang Semarang. Dua berada di lajur arah barat dan dua lagi arah timur. Dari empat rest area ini, dua sudah tipe A, dilengkapi dengan SPBU serta fasilitas lain yang siap operasional 26 Mei atau H-10. Dua rest area tipe A saat ini masih dalam tahap penyelesaian. Kami pastikan tanggal 26 Mei 2019 sudah bisa dioperasioalkan,” jelas Kapolda Jateng.

Yang menjadi pertimbangan tidak hanya kelengkapan fasilitasnya saja loh, Rycko juga harus memastikan faktor keamanan juga akan menjadi prioritas. Rycko menambahkan, “Nantinya ada pos polisi di tiap rest area. Anggota dari polsek yang akan bertugas untuk memastikan keamanan.”

Selain itu, hal lain yang menjadi perhatian sebelum mudik berlangsung adalah terkait antisipasi kemacetan di pintu tol. Misalnya pintu Tol Kali Kangkung dan Weleri, yang nantinya akan digunakan untuk pengalihan arus menuju Jalur Pantura.

Manager Regional Jasa Marga Properti Jateng Dondi Dwi Susanto menambahkan, “Proses kesiapan kini mendekati finishing. Di rest area 389B juga nantinya akan diisi 22 lapak UMKM dan dua retail. Selain itu SPBU dengan 10 mesin pompa.”

 

 

Sumber : KabarOto

Editor : Kiss login by Polda Jateng

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.