oleh

Kapolri Doakan Personel Polri dan TNI yang Gugur di Papua

bhinnekanusantara.id – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengucapkan bela sungkawa dan mendoakan personel Polri maupun TNI yang gugur di Papua. Hal tersebut dilakukan di sela kegiatan senam bersama memperingati hari jadi Polisi Wanita ke-71, Jakarta, Minggu (1/9).

“Mengirimkan doa untuk petugas yang dikirim ke Papua yang kemarin situasinya masih mengalami gangguan. Kita juga menyampaikan doa terutama kepada prajurit TNI dan Polri yang terluka maupun gugur. Satu di antaranya adalah personel TNI AD, anggota Kodam Sriwijaya. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan yang terluka diberi kesembuhan,” kata Tito.

Dia menjelaskan, lahirnya hari ulang tahun Polwan karena peristiwa agresi militer Belanda. Saat itu, banyak pengungsi yang khawatir takut adanya penyusupan.

“Adanya hanya Polki, Polki melakukan penggeledahan kepada wanita-wanita dikhawatirkan adanya penyusupan, maka diminta bantuan istri dari Polki untuk penggeledahan. Akhirnya sejumlah organisasi meminta agar dibentuk Polwan untuk melaksanakan tugas-tugas khusus,” jelasnya.

“Maka tanggal 1 September ditunjuk empat wanita pertama untuk mengikuti sekolah inspektur. Empat orang tersebut terakhir berpangkat Kombes. Ini awal lahirnya Polwan. Polwan bukan hanya sekedar melakukan pekerjaan ringan, tapi juga banyak yang juga punya kemampuan setara dengan polisi laki-laki,” pungkasnya.

Dalam peringatan HUT Polwan ke-71, sejumlah personel olahraga bersama di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya.

Pantauan merdeka.com di lokasi, banyak peserta olahraga yang mengenakan aksesoris bertema Papua. Di acara tersebut juga diiringi musik asal Papua seperti Rasine Ma Rasine dan Maumere yang saat itu dinyanyikan Tito.

Dalam acara ini juga dihadiri ibu asuh Polwan RI Tri Tito Karnavian yang juga didampingi oleh istri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yakni Nani Tjahjanto.

 

sumber : merdeka.com

editor : saibumi @polda jateng #polres rembang

News Feed