oleh

Karawang Siapkan Rp 1,3 Miliar untuk Asuransi Usaha Tani

bhinnekanusantara.id – Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar untuk program asuransi usaha tani padi dengan sasaran petani yang kepemilikan lahannya maksimal 1 hektare.

“Tahun ini Pemerintah Kabupaten Karawang telah meningkatkan subsidi asuransi usaha tani padi,” kata Kepala Dinas Pertanian setempat Hanafi, di Karawang, Sabtu (9/3/2019).

Ia mengatakan, pada tahun ini anggaran asuransi usaha tani padi sekitar Rp 1,3 miliar ialah untuk mengasuransikan 40.000 hektare areal sawah.

Jumlah areal sawah yang diasuransikan tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu, yang hanya 20.000 hektare.

Menurut dia, bantuan subsidi premi tersebut diperuntukkan bagi para petani yang jumlah lahannya sedikit atau petani yang memiliki lahan sawah maksimal 1 hektare.

Pembayaran premi asuransi itu sendiri sebesar Rp 180.000 per hektare. Petani mendapatkan subsidi pemerintah pusat sebesar 80 persen Rp 144.000, sisanya dibantu subsidi pemerintah daerah Rp 36.000.

Setiap petani yang mengasuransikan sawahnya akan mendapatkan ganti rugi Rp 6 juta rupiah per hektare jika mengalami gagal tanam atau gagal panen.

Program asuransi usaha tani padi itu sendiri ialah program asuransi yang bertujuan untuk menekan risiko usaha tani padi.

Asuransi ini bisa diikuti oleh para petani atau buruh tani yang membudidayakan padi. Pemerintah menggandeng salah satu perusahaan BUMN, PT Asuransi Jasa Indonesia (AJI) sebagai pelaksanannya.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Aishwarya IMM Polda Jateng