oleh

Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Hanya Kambing Hitam

bhinnekanusantara.id – Siti Aisyah, 26, warga negara Indonesia (WNI), hanya dijadikan kambing hitam dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam; kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Hal itu disampaikan pengacaranya, Gooi Soong Heng, Senin (11/3/2019).

Siti Aisyah dibebaskan oleh hakim pengadilan di Malaysia setelah jaksa mencabut dakwaan. Jaksa tidak memberikan alasan mengapa dakwaan terhadap perempuan Indonesia itu dicabut.

Setelah hakim pengadilan memutuskan untuk membebaskannya, Siti Aisyah memeluk rekannya Doan Thi Huong, 30, asal Vietnam yang jadi jadi terdakwa dalam kasus serupa. Siti menangis saat memeluk rekannya.

Kedua perempuan itu sebelumnya dituduh mengoleskan racun VX di wajah Kim Jong-nam di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Racun vx merupakan senjata kimia terlarang.

Dari awal kasus, ada kecurigaan bahwa Kim Jong-nam adalah korban plot yang diatur oleh para agen Korea Utara yang meninggalkan Malaysia beberapa jam setelah pembunuhan. Kedua perempuan itu hanya bidak dalam pembunuhan bermotif politik.

Siti Aisyah telah bekerja sebagai tukang pijat di Kuala Lumpur, sementara Doan menggambarkan dirinya sebagai penghibur. “Kami masih percaya bahwa ia (Siti Aisyah) hanyalah kambing hitam,” kata Gooi Soon Seng, kepada wartawan.

 

 

Sumber : Sindo News

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng