KKN Unnes Bersama Karang Taruna Resmikan Perpustakaan Desa

bhinnekanusantara.id – Ngrawan merupakan desa yang terletak di kaki gunung Telomoyo, sebuah desa yang memiliki segudang potensi kewilayahan khususnya dibidang pariwisata dan budaya. Dimana jika pemerintah setempat dan masyarakat setempat mampu mengeksplorasi akan menjadi suatu potensi yang bisa menambah kekayaan, kearifan lokal,  dan nilai jual daerah tersebut.

Ditengah kekayaan alam yang mencukupi, rendahnya sumber daya manusia yang menjadi salah satu permasalahan di Desa Ngrawan. Hal ini dibuktikan dengan lulusan masyarakatnya yang dirata rata hanya bersekolah sampai jenjang (smp/sma). Mindset masyarakat yang masih menganggap bahwa sekolah sampai jenjang tinggi nanti ujungnya juga akan kerja, yang menjadi pedoman disamping permasalahan pendapatan masyarakat. Permasalahan mengenai rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya minat baca masyarakat, serta kurang tertatanya pengololaan perpustakaan desa ataupun taman baca yang mendasari pembentukan perpustakaan desa (omah cikal) oleh mahasiswa KKN Unnes yang sedang melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Disambut baik oleh masyarakat dan juga karang taruna, sehingga membuat mahasiswa KKN dengan semangat mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Dari survei tempat, mendekorasi tempat, serta mempersiapkan rak dan buku yang sudah ada.

Dalam kegiatan peresmian dibuka dengan senam bersama yang diinstrukturi oleh beberapa perwakilan anak dari SD Ngrawan, dilanjut dengan jalan sehat dengan rute sekitar 3km kurang lebih, pengundian kupon doorprize, serta acara pemotongan pita sebagai simbolis peresmian perpustakaan desa Ngrawan yang diberi nama (omah cikal).

Melalui program kerja tersebut , mahasiswa KKN Unnes mempunyai harapan yang besar untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca pada masyarakat, serta dapat mengurangi dampak buruk gadget (hp) pada anak di era modernisasi seperti saat ini.

 

 

editor : dealova @polda jateng
#agussaibumi