KKN Unnes Peduli Jenazah

bhinnekanusantara.id – Mahasiswa KKN Lokasi II Universitas Negeri Semarang mengadakan program kerja dalam bidang agama yaitu pelatihan pengurusan jenazah. Dilaksanakan pada Jumat (1/11/19) pukul 09.00 WIB di ruang Balai Desa Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Pelatihan diikuti oleh 24 warga dan perangkat desa dengan tokoh agama Islam di desa Legokkalong, Ust. Abdul Aziz sebagai narasummber.

”Tujuan pelatihan ini betujuan bila saya berhalangan atau sedang di luar kota, ada beberapa warga yang dapat mengurus jenazah” sebut narasumber yang sekaligus salah satu perangkat Desa Legokkalong.

Tiap dusun di desa Legokkalong mengirimkan setidaknya empat orang warganya yang terdiri dari dua warga laki-laki dan dua warga perempuan untuk mengikuti pelatihan pengurusan jenazah tersebut. Diadakannya pelatihan dikarenakan minimnya warga yang dapat mengurus jenazah. Sebagai warga pedesaan, pengurusan jenazah adalah hal yang penting dalam hal agama maupun sosial.

Dalam pelatihan ini disampaikan materi mengenai tata cara mengurus jenazah mulai dari memandikan, mengafani, menyalati, dan memakamkan jenazah. Selain penyampaian materi, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi berkaitan dengan hal tersebut. Tidak hanya sekedar materi, tetapi juga praktek dengan menggunakan maneken lengkap dengan kain kafan.

Ketua panitia Eka Prasetya berharap warga dapat mempraktikkan ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut dan juga bisa membagikan ilmu yang didapatkan kepada warga desa. Ketika semakin banyak warga yang memahami tata cara mengurus jenazah, diharapkan warga bisa mengurus jenazah meskipun dalam keadaan darurat.

 

editor : dealova @polda jateng
#agussaibumi