oleh

Klarifikasi Data Bawaslu, KPU Jateng Pastikan 22 WNA Dicoret dari DPT

bhinnekanusantara.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengklarifikasi data Bawaslu Jateng terkait jumlah Warga Negara Asing yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. KPU menegaskan total WNA yang sudah dicoret dari DPT sebanyak 22 orang, bukan 20 orang. Sebab, berdasar temuan terakhir, Senin (11/3), ada 10 orang WNA tambahan.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Jawa Tengah Paulus Widiyantoro, Selasa (12/3). “Temuan kami ada 10 WNA, bukan 8 seperti yang disampaikan Bawaslu. Semua yang ditemukan sudah dicoret,” jelasnya.

Kesepuluh orang itu, domisilinya tersebar di delapan kabupaten/kota. Paling banyak yakni Kota Solo, yakni sebanyak 3 WNA. “Kemudian disusul Kota Tegal, Magelang, Salatiga, Kabupaten Boyolali, Purworejo, Batang, dan Magelang masing-masing ditemukan satu WNA masuk DPT,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, ada sebanyak 219 WNA di Jateng yang melalukan rekam data e-KTP. Oleh karena itu pula, KPU bakal terus menyisir DPT apabila kembali ditemukan WNA terdaftar sebagai pemilih.

“Kami masih menyisir lagi, kalau ditemukan lagi WNA di DPT pasti dicoret,” tegas Paulus.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng Anik Sholihatun mengungkapkan, ada ada delapan WNA lagi yang masuk DPT. Sebelumnya, berdasar data KPU dan Kemendagri, ada 12 WNA yang terdaftar dalam DPT Jateng.

Bawaslu Jateng telah meminta KPU untuk segera mencoret para WNA ini dari DPT. Demi terjaganya validitas DPT Pemilu 2019.

 

 

Sumber : Jawapos.com

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng