Kodim Boyolali dan Polres Boyolali Patroli Bersama Cegah Penyebaran Covid-19

bhinnekanusantara.id – Corona Virus Disease (Covid-19) dinyatakan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sebagai pandemik global. Jajaran Kodim 0724 dan Poles Boyolali melakukan imbauan dan pencegahan melalui kegiatan patroli di sejumlah tempat umum dan pusat keramaian. Mereka juga melukan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di wilayah setempat.

Menurut Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat, kegiatan sosialisasi ini terkait kepatuhan masyarakat terhadap kebijaksanaan pemerintah dalam penanganan covid 19 yaitu social distancing, tidak berkerumun, tidak kumpul-kumpul dan tetap tinggal di rumah. “Kegiatan ini berlangsung mulai Senin tanggal 23 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan,” katanya.

Kapolres Boyolali memimpin kegiatan di wilayah kota Boyolalali dengan menggunakan kendaraan patwal lantas, mobil provost sabhara, mobil dinas kapolres dan backbone polsek kota  Pelibatan personel dari Satlantas, Satsabhara, Provost dan Polsek kota serta anggota Kodim 0724/Boyolali rute simpang lima, komplek perkantoran terpadu , sepanjang jl. Pandanaran Boyolalali.

“Kegiatan ini serentak di lakukan Polres dan Kodim memberikan kesadaran masyarakat bahwa kita harus disiplin untuk mematuhi kebijaksanaan pemerintah untuk menjaga jarak (social distancing), kumpul kumpul, berkerumun sehingga rantai penyebaran virus ini dapat terputus dan teratasi , sekali lagi kuncinya masyarakat harus disiplin dan patuh terhadap kebijaksanaan pemerintah,” ujarnya.

Senada, Dandim 074/ Boyolali Letkol Inf Aris Prasetyo, menambahkan tidak hanya patroli jajaran Koramil wilayah Kodim 0724 secara rutin melakukan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat. “Kegiatan yang positif ini sebagai acuan para babinsa dalam mengedukasi warga binaan di wilayah masing-masing,” katanya.

Seperti yang dilaksanakan Babinsa anggota Koramil 15 Andong Kodim 0724/Boyolali dan anggota Polsek Andong bersama-sama melaksanakan patroli Kamtibmas di seputar wilayah Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Senin Malam (23/03).

Dalam kegiatan tersebut Babinsa bersama anggota Polsek Andong menggunakan kendaraan patroli sembari menyampaikan himbauan kepada masyarakat tentang mencegah wabah virus corona termasuk membatasi bepergian keluar wilayah Kabupaten Boyolali kalau tidak perlu sekali. Penyampaian himbauan kepada masyarakat dilaksanakan oleh Wakapolsek Andong Iptu Luqman bersama dengan Sertu Kasno Anggota Babinsa Koramil 15 Andong.

Sementara di wilayah Nogosari, Wonosegoro dan Wonosamodro, jajaran TNI dan Polsek setempat, bersama KUPT Puskesmas setempat menggelar sosialisasi PHBS di sejumlah wilayah Boyolali utara.

KUPT Puskesmas Wonosamudro dokter Sugito mengatakan bersama TNI/Polri pihaknya sepakat melakukan kegiatan edukasi kesiapsiagaan Covid-19 serta mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di area yang banyak dikunjungi banyak orang.

“Kegiatan ini diharapkan agar setelah mengikuti edukasi tentang tata cara membersihkan tangan yang benar dan bersih ini dapat ditularkan ke warga agar sama-sama kita memperangi dampak penyebaran virus corona tersebut,” pungkas Sugito.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi