oleh

Korban Banjir dan Longsor di Manggarai Barat Masih Dicari

bhinnekanusantara.id – Penanganan darurat banjir dan longsor Manggarai Barat masih terus dilakukan oleh petugas Search and Rescue (SAR) gabungan. Seperti diketahui bencana banjir dan longsor terjadi pada, Kamis (7/3/2019) pada pukul 07.00 WIT.

Saat ini tim TRC BPBD Kab. Manggarai Barat dan tim gabungan masih mencari tiga korban yang tertimbun longsor.

Hingga Minggu (10/3/2019) pukul 12.00 WIT Badan Nasional Penanggulangan Bencana memaparkan upaya penanganan bencana sebagai berikut.

Korban jiwa akibat banjir dan tanah longsor mencapai lima orang meninggal dunia, tiga orang hilang dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka. 684 orang mengungsi di kantor Bupati Manggarai Barat yang berasal dari tiga desa yaitu Desa Tondong Belang, Desa Gorontalo dan Desa Nanga Ngai. Kendati banjir sudah surut para pengungsi hingga saat ini masih bertahan di rumah kantor bupati Manggarai Barat.

Kerugian materiil akibat bencana banjir dan tanah longsor adalah tiga unit rumah rusak berat, satu unit jembatan rusak. Sementara itu 1,7 hektare sawah mengalami gagal panen karena banjir.

Banjir dan tanah longsor ini juga membuat ruas jalan Ruteng-Labuan Bajo lumpuh total. Longsor juga menimbun dua unit mobil dan dua unit sepeda motor serta satu unit kios.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Aishwarya IMM Polda Jateng