oleh

KPU Brebes Lakukan Pelipatan di 16 Tempat untuk Cegah Surat Suara Tertukar

bhinnekanusantara.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes mendistribusikan logistik pemilu ke gudang yang berada di 16 tempat sesuai dengan dapilnya. Langkah ini dilakukan guna menghindari surat suara yang tertukar antara daerah pemilihan (Dapil) yang satu dengan lainnya.

Saat ini, terdapat 16 gudang penyimpanan logistik pemilu. KPU Brebes membaginya ke wilayah sesuai dengan dapilnya masing-masing.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi saat melakukan monitoring penyortiran dan pelipatan di Kecamatan Tonjong, Sirampog dan Bumiayu mengatakan, pihaknya melihat pengalaman pada pemilu sebelumnya. Dimana terdapat kasus surat suara yang tertukar.

“Yang jelas untuk pemilu 2019 ini, kita berkaca pada pemilu sebelumnya, untuk sortir dan lipat lebih teliti. Salah satunya dengan membagi tempat gudangnya ini terpisah antara dapil satu dan lainnya. Kalau dulu kan terfokus dua, tiga tempat saja sehingga kemungkinan tertukar cukup besar,” jelas Riza (12/3).

Dengan terpisahnya gudang untuk sorlip, Riza menuturkan dapat meminimalisir terjadinya surat suara tertukar. Sebab, tenaga sortir hanya fokus terhadap satu dapilnya. Sehingga ketika menemukan dapil lain dapat dengan mudah terdeteksi.

“Jadi memang dari hasil penelitian sejumlah akademisi, untuk daerah daerah yang tidak ada kasus surat suara tertukar memang proses sortir dan lipat dilakukan terpisah sesuai dapilnya masing-masing,” tutur Riza.

Saat melakukan monitoring, selain menyortir surat suara yang rusak, tim KPU juga tetap mengingatkan kepada para petugas sorlip untuk mengecek dapil pada surat suara DPR.

Riska (23) salah satu tenaga sorlip di Kecamatan Sirampog mengatakan, dirinya sudah tiga hari ikut proses sorlip. Ada beberapa yang dia perhatikan saat menyortir surat suara.

“Yang pertama tidak ada cacat, terus dapilnya juga harus sesuai. Setelah itu dilipat. Yang rusak dan kurang kita hitung. Sementara tidak ada yang tertukar,” jelas Riska.

Sebagai antisipasi kerusakan logistik akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, KPU sudah memastikan semua gudang dalam kondisi aman dan tidak bocor. Sesuai dengan SOP dari KPU RI, semua logistik terbungkus plastik termsuk kotak suara yang terbuat dari kardus.

Sumber : PanturaPost

Editor : Kiss login by Polda Jateng