Kreatif! Mahasiswa KKN Unnes Ubah “Nangka Muda” Jadi Makanan Unik

bhinekanusantara.id – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi Tahap 2B Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2019, Desa Kutosari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan membuat program kerja yang bertujuan meningkatkan ekonomi kreatif di bidang kuliner. Tim KKN UNNES di Desa Kutosari ini, memanfaatkan buah nangka muda untuk dijadikan produk makanan yang diberi nama “Cemilan Abri (Abon Gori Nguerii)”. Kegiatan membuat kuliner dalam rangka mendukung ekonomi kreatif Desa Kutosari ini dilaksanakan di rumah-rumah warga, pada Sabtu (9/11/2019),

Perkembangan zaman yang semakin pesat, menuntut setiap orang untuk memiliki pemikiran kreatif (Out Of The Box) dalam menciptakan inovasi baru terkhusus pada bidang kuliner. Nasi megono sebagai salah satu kuliner khas daerah Pekalongan yang terbuat dari gori dengan wujud akhirnya adalah urap (kluban), menginspirasi mahasiswa KKN Unnes Desa Kutosari menciptakan suatu produk makanan dengan memanfaatkan nangka muda sebagai bahan utamanya.

Pelatihan membuat makanan abon dari nangka muda ini diikuti sekitar 15 orang ibu-ibu Dukuh Wonosirno. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi seputar pengenalan program kerja yang dilakukan di hari jum’at, 1 November 2019 bertepatan dengan kegiatan pengajian muslimatan ibu-ibu Dukuh Wonosirno. Kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan abon yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 November 2019 di rumah Ibu Rosidah. Ibu-ibu terlihat antusias dan semangat ketika diadakannya program kerja tersebut. Ada yang beranggapan bahwa Abon gori dapat dijadikan sebagai solusi untuk orang-orang yang tidak suka dengan nasi megono (makanan khas pekalongan).

Dengan program kerja ini, mahasiswa KKN UNNES berharap tidak hanya sekadar dijadikan konsumsi pribadi tetapi juga diharapkan bisa dijadikan sebagai makanan yang murah, mudah di produksi serta mudah dipasarkan dan dapat dijadikan sumber dalam membangun ekonomi kreatif terkhusus di Desa Kutosari. Selain itu, program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga dalam bidang kuliner serta dapat menambah wawasan warga dalam memanfaatkan dan menciptakan makanan serta minuman yang belum pernah di produksi.

 

editor : dealova @polda jateng
#agussaibumi