Kunci Cegah Covid-19, Kapolres Banjarnegara: Pegang Teguh Iman, Imun dan Aman

Banjarnegara, Bhinnekanusantara.id – Kapolres Banjarnegara menegaskan Iman, Imun dan Aman jadi kunci utama pencegahan penyebaran covid -19, ketika hal itu dilakukan maka masyarakat akan mampu bertahan menghadapi pandemi.

“Iman yakni masyarakat harus bersabar dalam menghadapi musibah, terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah. Kepada Tuhan Yang Maha Esa,  terus beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing,” katanya saat sambutan peresmian Pondok Pesantren Siaga Candi Distrik Wanadadi , Ponpes Sabilurosyad Wanadadi, Roudlotus Syiban Punggelan,  Darunajah Rakit, dan Roudlotus salam Banjarmangu di Gedung IPHI Punggelan, Kamis (12/11).

Sedangkan Imun, lanjut Kapolres, yakni istirahat cukup, olahraga teratur, tidak panik, bergembira dan mengonsumsi makanan bergizi seiimbang, sementara Aman yakni patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sering dikenal dengan istilah 3M

“Memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumumnan, mencuci tangan pakai sabun, tururnya.

Menurutnya, supaya bisa menjalankan itu semua maka dalam pelaksanaanya harus bersinergi, sehingga akan mampu menekan angka penularan covid-19

“Tidak bisa melaksanakan sendirian sehingga perlu adanya sinergesitas
dan dengan melaksanakan tiga hal itu bersama-sama maka, semakin menekan angka penularan covid-19 sedangkan masyarakat bisa tetap sehat dan bisa beraktivitas tanpa tertular,” ujarnya.

KH Chamzah Chasan Pengasuh Ponpes Tanbihul Ghofilin Mantrianom mengaku prihatin ketika banyak beredar isu yang sengaja dihembuskan oleh oknum tak bertanggung jawab terkait keuntungan pihak rumah sakit ketika ada kasus covid seperti saat ini.

“Ada isu yang diuntungkan rumah sakit saat pandemi ini. Itu bohong, tidak ada yang untung dengan adanya pandemi, ekonomi kena imbas, semua kena imbas,” kata kyai yang akrab disapa Gus Hamzah ini.

Menurutnya, kita semua bisa menghindari covid sepanjang kita mau dan selalu berkhusnudzon

“Kita bisa menghindari dengan menerapkan protokol kesehatan, selalu berperasangka baik kepada Allah. Tenangkan hati dan pikirian, maka imun akan naik, tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Banjarnegara dr. Agus Ujianto Msi Med SpB, yang juga hadir menyatakan, virus ini merupakan masuk kategori infeksi, untuk mencegahnya maka harus di lawan dengan adaptasi kebiasaan baru.

“Selalu terapkan protokol kesehatan, jaga imun,” ujarnya.