Kunjungi Lampung Post, Presiden Minta Media Lokal Sebar Optimisme

Lampung – Rangkaian kegiatan Presiden Joko Widodo di Bumi Ruwa Djurai pada Jumat (8/3) ditutup dengan mengunjungi kantor Surat Kabar Harian Lampung Post (Anggota Media Group) di Jl. Soekarno-Hatta, Bandar Lampung.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bekesempatan melihat-lihat setiap sudut ruangan kerja Lampung Post. Tidak hanya itu, Presiden meluangkan waktu untuk berbincang bersama awak redaksi dan Reporter Cilik binaan Lampung Post.

Jokowi mengatakan sejak lama berkeinginan menyambangi media lokal dalam kunjungannya ke daerah. Namun, baru kali ini ia berkesempatan merealisasikannya. Menurutnya media lokal berperan penting membangun optimisme di daerah. Ia berharap media lokal dapat menjadi kontrol kebijakan pemerintah yang disampaikan secara aktual, tajam, dan sesuai fakta.

“Sampaikan berita dengan fakta apa adanya. Dalam negara demokrasi setiap kebijakan pemerintah selalu dikontrol dan dikritisi. Sebab, tidak semua kebijakan itu benar dari di atas meja dan di lapangan,” kata Jokowi di ruang redaksi Lampung Post.

Maraknya informasi yang beredar di media sosial, menurut Jokowi menimbulkan banyak dampak negatif, seperti hoaks yang berpotensi menimbulkan keresahan dan merusak ketentraman masyarakat. Namun ia meyakini, masyarakat saat ini sudah semakin cerdas dalam menyikapi kabar yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

“Saat ini banyak perlawanan sangat hebat dari masyarakat yang bisa menjelaskan kontra narasi dari survei yang ada. Saya melihat itu semakin mendewasakan masyarakat. Untuk itu jika ada kabar yang belum jelas harus ditanyakan ke orang tua dan guru dulu. Medsos itu positif untuk bisa belajar, tetapi ada hal negatif yang perlu disaring,” katanya.

Lampung Post merupakan satu-satunya media yang dikunjungi presiden beserta rombongan dalam lawatannya ke Provinsi Lampung. Hal ini menjadi kebanggan bagi keluarga besar Lampung Post. Pemimpin Redaksi Iskandar Zulkarnain menyampaikan terimakasih sebab ini kali pertama Presiden Indonesia mengunjungi kantor media cetak tertua di Lampung itu.

“Dalam sejarah berdirinya Lampung Post tahun 1974, baru kali ini dikunjungi Presiden, apalagi presiden yang cukup dekat dengan masyarakat. Ini suatu kehormatan bagi Lampung Post dan Media Group. Lampung Post akan terus berkomitmen menjaga independensi dan berpihak pada kebenaran,” ujar Iskandar.

 

 

Sumber : Media Indonesia

Editor : Awlina login by Polda Jateng