Kunjungi Pengungsi Banjir di Kota Pekalongan, Kapolda Jateng dan Pangdam Pastikan Dapur Umum Siap

bhinnekanusantara.id – Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi meninjau lokasi banjir rob di Kelurahan Krapyak, Pekalongan Utara, Kamis (4/6/2020). Di wilayah ini, ada sebanyak 7.700 jiwa warga terdampak.

Dalam kunjungan tersebut, mantan Wakapolda Jateng ini bersama dengan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi. Tak lupa Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz juga turut mendampingi.

Mereka meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir menggunakan perahu karet. Di wilayah terdampak ini ketinggian genangan air masih bervariasi, mulai dari 20 hingga 50 centimeter.

Dalam kesempatan itu, Kapolda dan Pangdam menyerahkan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok, makanan ringan hingga berbagai barang kebutuhan bagi penanganan darurat korban banjir dan rob yang ada di tempat pengungsian.

“Kegiatan kita ini, dalam rangka ikut meringankan masyarakat kita yang terdampak rob di Pekalongan Kota, khususnya sebanyak 7.700 jiwa yang terdampak, sesuai dengan laporan pak wali kota,” kata Kapolda Jateng, di dampingi Pangdam IV/Diponegoro.

Ia juga menyampaikan, sebagai bentuk dukungan atas penanganan bencana banjir dan rob ini, Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro telah menyiapkan dapur umum lapangan bagi penanganan warga terdampak.

“Kita sudah siapkan satu dapur lapangan. Di mana dapur lapangan ini TNI, Polri dan masyarakat ikut. Jadi satu gilingan ini ada seribu bungkus yang bisa kita lakukan. Ini terus menerus dan akan didistribusikan masyarakat,” ujarnya.

Kapolda berpesan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dan mengajak masyarakat untuk peduli sesama.

Ia juga mengimbau kepada warga yang mampu serta pengusaha yang ada di daerah tersebut untuk bersama-sama membantu meringankan beban para korban bencana banjir dan rob di wilayah mereka.

“Masyarakat yang sekiranya memiliki rejeki lebih, khususnya pengusaha di Pekalongan, mari bersama-sama terlibat dalam kegiatan sosial, dalam menciptakan rasa memiliki terhadap para korban terdampak rob, yang menjadi problem di daerahnya,” ajaknya.

Usai meninjau ke beberapa pengungsian, Kapolda bersama rombongan menuju ke dapur umum lapangan Brimob Polda Jateng guna mengecek persiapan penjaminan logistik bagi para pengungsi yang kini masih bertahan di sejumlah tempat pengungsian.