oleh

LCC Dokter Cilik, Upaya Pemkab Banjarnegara Persiapkan Generasi Sehat

BANJARNEGARA – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Banjarnegara, Tursiman, S.Sos membuka Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil (LCC Dokcil) jenjang SD/MI dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) jenjang SMP/MTs tingkat Kabupaten Banjarnegara, Selasa (20/9/2022) di Sasana Adi Praja Setda  Banjarnegara.

Lomba ini kata Tursiman bertujuan untuk membentuk generasi yang sehat dan berprestasi. Tursiman juga menyampaikan bahwa penyelenggaran lomba dokter kecil dan lomba kader kesehatan remaja dilaksanakan Pemkab Banjarnegara sesuai amanah Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 48 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah Di Kabupaten Banjarnegara.

“Melalui media atau ajang seperti ini yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun, kami berharap akan terus lahir generasi yang sehat, unggul dan berprestasi,” ucap Tursiman mewakili Pemkab Banjarnegara.

Melalui gerakan pembinaan dan pengembangan UKS/M secara berjenjang mulai dari Tim pelaksana UKS/M, TP UKS Kecamatan dan TP UKS Kabupaten, Pemkab Banjarnegara optimis bahwa pelimpahan tanggungjawab pembangunan di kabupaten Banjarnegara di masa mendatang ada pada generasi muda yang sehat dan berkualitas.

“Generasi muda yang sehat dan berkualitas pasti memiliki ketrampilan sosial yang baik dan mampu menciptakan lingkungan yang sehat serta harmonis,” ujarnya.

Tursiman juga berpesan kepada peserta untuk melaksanakan tugas dengan sungguh sungguh, semangat, selalu menjaga kesehatan dan yang terpenting adalah selalu menjunjung nilai nilai kejujuran.

“Menang bukan yang utama, tetapi akhlak mulia harus selalu tertanam di dalam dada,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr. Ery Rosita menyampikan melalui kegiatan pelayanan kesehatan dan pendidikan ketrampilan hidup sehat bagi peserta didik diharapkan pemasalahan kesehatan anak usia sekolah akan lebih dini diketahui dan di inventaris sebagai bahan perencanaan penanggulangan masalah kesehatan ke depan.

Lomba-Cerdas-Cermat-2.jpg

Keberadaan sekolah dan siswa yang merupakan aset bangsa sedianya harus dipersiapkan sebaik baiknya untuk menjadi generasi yang sehat, bugar dan produktif.

“Salah satu bentuk kegiatan promosi kesehatan dalam upaya meningkatkan keterampilan hidup sehat peserta didik adalah melalui kegiatan pembinaan LCC Dokcil dan KKR untuk memilih dokter kecil teladan dan kader kesehatan remaja teladan tingkat Kabupaten Banjarnegara,” kata dr Ery.

Dalam Kegiatan LCC Dokcil dan KKR Tahap 2 Babak Penyisihan diikuti oleh 40 peserta Dokter Kecil SD/MI dan 40 Peserta KKR dari perwakilan 20 TP UKS Kecamatan yang dilaksanakan tanggal 20 dan 21 September 2022.

Seleksi di tahap ini untuk mendapatkan 3 peserta dari masing-masing kategori guna maju ke babak final yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 September 2022.

Pada tahap sebelumnya para peserta telah telah mengirimkan video presentasi dan video unjuk kerja kepada panitia untuk dilakukan penilaian.

Sementara itu sejumlah tokoh masyarakat di Banjarnegara, Jawa Tengah berharap, dengan diadakannya lomba dari Pemkab Banjarnegara ini akan memicu generasi muda untuk membiasakan dengan loka hidup sehat. Mulai dari bangun tidur, mandi, gosok gigi, sarapan pagi jika hendak ke sekokah serta mengikuti kegiatan olahraga di sekolahan. Karena pendidikan dasar atau membentuk kebiasaan baik bagi anak harus dilakukan secara kuantinyu. Hal ini setidaknya diakui oleh Wahdju DJatmika ketua PA GMNI Banjarnegara.