Mahasiswa KKN Unnes Lakukan Pembukuan Akuntansi Dengan Aplikasi Di Smartphone Dalam Rangka Digitasi UMKM

bhinnekanusantara.id – Mahasiswa KKN UNNES melakukan program kerja PEKA atau pembukuan digital akuntansi, Pada Senin (14/10/19). Kegiatan ini bekerjasama dengan Asosiasi Koperasi Mekarsari Kelurahan Kandri, bertempat di wilayah RT 2/RW 1 Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tepatnya di OPP (Omah Pintar Petani).

Di era sekarang, kemajuan teknologi yag terus berkembang sudah serahusnya dimanfaatkan oleh masyarakat. Kemajuan teknologi sudah merambat diberbagai sektor diantaranya ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan lain sebagainya. Salah salah satunya dimanfaatkan dalam kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Tidak sedikit permasalahan muncul yang dihadapi oleh para pelaku UMKM terkait pembukuan menyebabkan ketidaktahuan terkait untung dan rugi yang didapatkan.

“Kelurahan Kandri adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Di Kelurahan Kandri ada sekitar dua puluh UMKM tersebar diberbagai RW, sudah serharusnya perlu ada pelatihan UMKM, khususnya terkait pembukuan berbasis digitalisasi yakni aplikasi SIAPIK.” kata Feri Subekti, Kooordinator Mahasiswa Desa (Kormades).

SIAPIK adalah salah satu aplikasi yang bertujuan untuk membantu proses pembukuan. Pada progrm kerja PEKA bukan hanya melakukan sosialisasi tapi juga melakukan monitoring.

Diharapakan dengan adanya sosialisasi sekaligus monitoring dalam penggunaannya, dapat meningkatkan UMKM di Kelurahan Kandri, dan bisa mengikuti perkembangan jaman. Kemudian yang terpenting adalah pelaku UMKM dapat menyelesaikan permasalahannya terkait pembukuan.

 

editor : dealova @polda jateng
#agussaibumi